PERAN TAKMIR MASJID DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM NONFORMAL DI MASJID GEDHE MATARAM KOTAGEDE JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sarwandi, NIM.: 17204010077 (2019) PERAN TAKMIR MASJID DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM NONFORMAL DI MASJID GEDHE MATARAM KOTAGEDE JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN TAKMIR MASJID DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM NONFORMAL DI MASJID GEDHE MATARAM KOTAGEDE JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17204010077__BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN TAKMIR MASJID DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM NONFORMAL DI MASJID GEDHE MATARAM KOTAGEDE JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17204010077_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan agama Islam nonformal adalah suatu kegiatan keislaman yang terorganisasi dan sistematis, di luar sistem persekolahan yang mapan, di lakukan secara mandiri atau merupakan bagian penting dari kegiatan yang lebih luas yang sengaja di lakukan untuk melayani peserta didik tertentu di dalam mencapai tujuan belajarnya. Masjid merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan umat, di mana ada umat Islam dapat di pastikan di tempat di tempat itu ada masjid sebagai tempat ibadah kaum muslimin dengan berupaya mendekatkan diri kepada Allah SWT dan sebagai pusat informasi bagi jemaah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran takmir masjid dalam meningkatkan pendidikan agama Islam nonformal di Masjid Gedhe Mataram Kotagede Jagalan Banguntapan Bantul Yogyakarta (2) mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan pendidikan agama Islam nonformal di Masjid Gedhe Mataram Kotagede Jagalan Banguntapan Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang di lakukan di Masjid Gedhe Mataram Kotagede Jagalan Banguntapan Bantul Yogyakarta. Motode pengumpulan data yang di lakukan dengan wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi yang di analisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini ialah peran takmir masjid dalam meningkatkan pendidikan agama Islam nonformal di Masjid Gedhe Mataram Kotagede Jagalan Banguntapan Bantul Yogyakarta sudah cukup baik, dengan adanya kegiatan pendidikan nonformal yang dapat di lihat dengan adanya pengajian-pengajian, kajian membaguskan bacaan Alquran, peringatan hari besar Islam dan taman pendidikan Alquran (TPA). Peran takmir masjid dalam meningkatkan pendidikan agama Islam nonformal di pengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat. Fektor pendukung berupa sistem yang memadai sebagai sebuah pendidikan nonformal, tersedia masjid sebagai pusat pendidikan, tersusun program-program kegiatan, dan tersedinya dana yang mencukupi untuk setiap kegiatan. Sedangkan faktor penghambat adalah kurang minat atau antusias dari remaja, jemaah, dan masyarakat sekitar di Masjid Gedhe Mataram Kotagede untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang di adakan di Masjid Gedhe Mataram Kotagede, kurang koordinasi antara para remaja, para jemaah, dan takmir masjid, dan kurangnya kreativitas para guru dalam mengemas materi ceramah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Suyadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: takmir masjid; Pendidikan Agama Islam; nonformal; pengajian,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Masjid
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 05 Jan 2022 13:44
Last Modified: 05 Jan 2022 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47940

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum