PENGEMBANGAN APLIKASI GONO SCHOOL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BERBASIS MOBILE LEARNING DI SMP MUHAMMADIYAH 1 LARANGAN BREBES

Wahyu Lenggono, NIM.: 17204010149 (2020) PENGEMBANGAN APLIKASI GONO SCHOOL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BERBASIS MOBILE LEARNING DI SMP MUHAMMADIYAH 1 LARANGAN BREBES. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GONO SCHOOL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BERBASIS MOBILE LEARNING DI SMP MUHAMMADIYAH 1 LARANGAN BREBES)
17204010149__BAB I_BAB IV- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GONO SCHOOL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BERBASIS MOBILE LEARNING DI SMP MUHAMMADIYAH 1 LARANGAN BREBES)
17204010149_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi pembelajaran Al-Qur’an berbasis Mobile Learning di SMP Muhammadiyah 1 Larangan Brebes, yaitu mencakup beberapa hal yaitu; 1) potensi dan masalah, adapun potensi yakni pendidik yang berkualitas dan berkopetensi baik, semangat belajar siswa-siswi, ketersediaan WIFI sekolah, waktu luang siswa setelah sekolah, dan banyaknya siswa-siswi yang memiliki smartphone bagus. Sedangkan masalahnya yaitu keterbatasan siswa memahami Al-Qur’an, tidak ada jadwal mengaji Al-Qur’an, dan pendampingan Al-Qur’an yang kurang diminati; 2) pengumpulan data, bahwa aplikasi pembelajaran Al-Qur’an merupakan sebuah media pembelajaran bagi siswa yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun; 3) desain produk, yakni aplikasi bernama Gono School yang memiliki tampilan menarik, efektif, dan mudah untuk digunakan; 4) validasi desain, hasil validasi desain media pembelajaran dan materi pembelajaran pada aplikasi Gono School dinyatakan sangat baik; 5) revisi desain, yakni peneliti merevisi desain aplikasi menjadi lebih menarik, efektif, dan mudah digunakan sebagai pembelajaran Al-Qur’an; 6) ujicoba produk, bahwa dari hasil uji coba produk dinyatakan sangat baik; 7) revisi produk, peneliti merevisi sehingga produk yang dihasilkan dapat lebih bermanfaat. Hasil validasi media pembelajaran yang peneliti lakukan menunjukan bahwa persentase tingkat pencapaian adalah 80%. Sedangkan rata-rata skor dari validator ahli media adalah 3.2. Adapun hasil validasi materi pembelajaran yang telah peneliti dapatkan yakni menunjukan persentase tingkat pencapaian adalah 80.5%. Sedangkan rata-rata skor dari validator ahli materi adalah 3.2. berdasarkan tabel konversi data kuantitatif ke data kualitatif skala 4 termasuk kedalam kategori sangat baik. oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa persentase dan skor rata-rata media dan materi pembelajaran Al-Qur’an tersebut berada pada tingkat kualitas valid dengan keriteria sangat baik. Hasil dari kelayakan pengembangan aplikasi pembelajaran Al-Qur’an berbasis Mobile Learning di SMP Muhammadiyah 1 Larangan Brebes menunjukan bahwa jumlah keseluruhan yaitu 43.72 dengan persentase tingkat pencapaian adalah 84.07%. Sedangkan rata-rata skor aplikasi adalah 3.35. Berdasarkan tabel konversi data kuantitatif ke data kualitatif skala 4 termasuk kedalam kategori sangat baik. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa produk media pembelajaran Al-Qur’an berbasis Mobile Learning sudah layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an; Gono School; aplikasi pembelajaran; learning of aplication
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 05 Jan 2022 13:47
Last Modified: 05 Jan 2022 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47942

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum