PENDIDIKAN BERBASIS ISLAMISME DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMPIT GENERASI MUSLIM CENDEKIA LOMBOK TENGAH

Musabbihin, NIM. : 17204010157 (2020) PENDIDIKAN BERBASIS ISLAMISME DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMPIT GENERASI MUSLIM CENDEKIA LOMBOK TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN BERBASIS ISLAMISME DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMPIT GENERASI MUSLIM CENDEKIA LOMBOK TENGAH)
17204010157_Musabbihin_BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN BERBASIS ISLAMISME DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMPIT GENERASI MUSLIM CENDEKIA LOMBOK TENGAH)
17204010157_Musabbihin_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah berawal dari ketidak koherensinya antara amanat UU SISDIKNAS terkait usaha untuk membentuk dan mengembangkan potensi spritualitas yang menjadi salah satu tujuan harus diwujudkan akan tetapi disisi lain realitas pendidikan di Lombok Tengah terdapat dua model sekolah yang terdiri dari sekolah umum dan pesantren. Namun kepuasan masyarakat Lombok Tengah atas output yang dihasilkan oleh sekolah umum maupun pesantren belum maksimal dan antusiasme masyarakat belum memadai secara kolektif. Dalam pola pikir masyarakat Lombok Tengah, mereka cenderung takut akan pengaruh lingkungan modernitas, Sejak kemunculan Sekolah Islam Terpadu, yang beresensi wacana ideologis dengan pendekatan hegemoni agama berupa kembali kepada Al-Qur‟an sebagai pedoman hidup dalam menjalani kehidupan. Berdasarkan beberapa paparan di atas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait bagaimana kontruksi historis, proses pelaksanaan kegiatan dan implikasi terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMPIT Generasi Muslim Cendekia Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan hegemoni ideologis pendidikan islam terpadu. Sumber penelitian ini terbagi menjadi 2 yakni; sumber primer dan sumber sekunder yang diperoleh dari penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi,analisis data, reduksi data, display data, verifikasi data dan simpulan. Hasil penelitian ini adalah di Indonesia secara apologis komunitas jaringan Sekolah Islam Terpadu yang ber-ideologi Islamis dalam konteks kenegaraan terjadi tumpang tindih dalam ideologi Negara sehingga menghasilkan misi yang kurang efektif, akan tetapi menjadikan Islamisme sebagai hegemoni cultural gerakan ideologi ini dalam hal dunia Pendidikan Islam Terpadu menjadi tren di masa kini khususnya di Lombok Tengah dan berhasil mentranformasikan sistem pendidikan Nasional dengan memadukan kurikulum keterpaduan.dalam proses pelaksanaan program Pendidikan Berbasis Islamisme Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMPIT Generasi Muslim Cendekia Lombok Tengah, yang lebih difokuskan pada integrasi Scientific dan Qur’ani dan terrealisasi dikarenakan dalam proses pelaksanaannya terdapat intisari program unggulan yang dilaksanakan diantaranya: Mencetak Generasi Qur‟ani yang scientific, Berakhlak Mulia, Berbudi Pekerti dan Berdaya Saing. Implikasi yang ditimbulkan dari proses pendidikan Islamisme ini antara lain menciptakan Sikap tanggung jawab, sikap kepemimpinan dan kenamndirian, disiplin dalam segala hal dan bersemangat dalam mempelajari agama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Usman, SS. M. Ag.
Uncontrolled Keywords: character building; Sekolah Islam Terpadu; hegemoni cultural; Islamic-based learning
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 05 Jan 2022 13:54
Last Modified: 05 Jan 2022 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47943

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum