EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG

Muchammad Iqbal Chailani, NIM.: 17204010180 (2020) EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG)
17204010180_BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA,.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG)
17204010180_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang, tuntutan guru PAI untuk memahami tentang penilaian autentik mata pelajaran PAI sesuai dengan undang-undang permendikbud yang berlaku yaitu undang-undang permendikbud no 23 Tahun 2016, adanya keluhan dari guru mata pelajaran PAI mengenai proses pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran PAI, dan kurang mampunya guru PAI dalam mengolah laporan hasil belajar pesera didik (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) pada mata pelajaran PAI. Permasalahan tersebut memberikan kesadaran bagi peneliti, perlu adanya evaluasi terhadap proses pelaksanaan penilaian autentik mata pelajaran PAI yang dibutuhkan oleh sekolah di tempat peneliti lakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif, dengan mengambil latar di SMA Negeri 1 Temanggung. pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data-data yang telah dikumpulkan kemudian menyajikan data yang berupa analisis tentang hasil penelitian dan menyimpulkannya berupa hasil tentang evaluasi pelaksanaan penilaian autentik mata pelajaran PAI. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Pada tahap perencanaan (antacedents) guru PAI belum sepenuhnya memahami tentang komponen pelaksanaan penilaian autentik berdasarkan Permendikbud No 23 Tahun 2016. (2) pelaksanaan (transaction) penilaian auentik mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Temanggung dalam mengukur ranah sikap menggunakan tiga jenis instrumen penilaian yaitu observasi, penilaian diri (self assesment) dan Penilaian Jurnal. Untuk ranah pengetahuan menggunakan teknik tes tulis, lisan dan penugasan. Dan untuk ranah keterampilan menggunakan teknik unjuk kerja/praktik Kemampuan guru PAI dalam melaksanakan penilaian autentik belum cukup mahir dalam mengembangkan pembelajaran berbasis penilaian autentik, khususnya dalam penyusunan soal hots(3) pelaporan (outcomes) hasil belajar meliputi tiga aspek yaitu nilai hasil belajar sikap yang di interpretasikan dengan catatan jurnal dan predikat, hasil belajar aspek pengetahuan yang diinterpretasikan dengan nilai angka, predikat dan catatan, aspek keterampilan diinterpretasikan menggunakan nilai angka, predikat dan catatan. Berdasarkan cata yang diperoleh menunjukkan bahwa untuk mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Temanggung sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan..

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: evaluasi; penilaian autentik, authentic assesment
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 05 Jan 2022 14:12
Last Modified: 05 Jan 2022 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum