PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS ANDROID APLIKASI ARRUZ UNTUK PENGUASAAN KAMUS NAHWU DI JURUSAN SASTRA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Abrar Sulhadi, S.Pd, NIM.: 17204020004 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS ANDROID APLIKASI ARRUZ UNTUK PENGUASAAN KAMUS NAHWU DI JURUSAN SASTRA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NAḤWU BERBASIS ANDROID APLIKASI ARRUZ UNTUK PENGUASAAN KAMUS NAḤWU DI JURUSAN SASTRA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17204020004_COVER-BAB-I_IV-V_DAFTAR-PUSTAKA-CV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NAḤWU BERBASIS ANDROID APLIKASI ARRUZ UNTUK PENGUASAAN KAMUS NAḤWU DI JURUSAN SASTRA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17204020004_BAB-II_III-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and devlopment). Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab untuk penguasaan naḥwu berbasis android, mengetahui kelayakan media tersebut serta mengetahui peningkatan pemahaman naḥwu mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan menggunakan media aplikasi android. Untuk mengetahui sejauh mana kelayakan penggunaan media tersebut, penulis menggunakan skala rikter dengan katagori nilai SB (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), KB (Kurang Baik), TB (Tidak Baik). Penilaian dilakukan oleh ahli IT (deplover) dan ahli materi dan 30 mahasiswa sebagai responden. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan penggunaan media aplikasi ini penulis menggunakan uji t dengan melakukan pretest dan posttest kepada 30 responden Hasil uji kelayakan didapatkan skor nilai kelayakan dari ahli materi untuk aspek materi sebesar 5,0 dengan katagori SB (Sangat Baik) sedangkan skor nilai dari kelayakan desain sebesar 4,3 dengan katagori B (Baik). Hasil skor responden pada aspek materi sebsar 4,3 dan untuk desain sebesar 4,2 keduanya berada pada katagori B (Baik). Dari hasil tersebut daapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Bahasa Arab berbasis android untuk meningkatkan nahwu ini layak sebagai ssalah satu media pembelajaran nahwu. Hasil penelitian berdasarkan pretest dan posttest yang telah dilakukan 1) penggunaan aplikasi media berbasis android dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam pelajaran naḥwu 2) hasil analisi uji beda Mean menunjukan bahwa nilai posttest lebih besar dari pretest yaitu 84.00 dan 60.33 dengan selisih 23.67. 3) hasil uji Paired t-test menunjukan nilai 2- tailed sebesar 0.000 < 0.005 yang berarti media pembelajaran Bahasa Arab berbasis android dapat meningkatkan pemahaman nahwu mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Zainal Arifin A, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; aplikasi Arruz; ilmu nahwu
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Buku
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 05 Jan 2022 14:27
Last Modified: 05 Jan 2022 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47957

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum