PROGRAM MATRIKULASI BAHASA ARAB KEMAHIRAN BERBICARA DAN MENULIS SANTRIWATI BARU DI PESANTREN PUTRI ALMAWADDAH COPER JETIS PONOROGO ( TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK DAN ANTROPOLINGUISTIK )

Indah Humaira, NIM.: 17204020007 (2019) PROGRAM MATRIKULASI BAHASA ARAB KEMAHIRAN BERBICARA DAN MENULIS SANTRIWATI BARU DI PESANTREN PUTRI ALMAWADDAH COPER JETIS PONOROGO ( TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK DAN ANTROPOLINGUISTIK ). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM MATRIKULASI BAHASA ARAB KEMAHIRAN BERBICARA DAN MENULIS SANTRIWATI BARU DI PESANTREN PUTRI ALMAWADDAH COPER JETIS PONOROGO ( TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK DAN ANTROPOLINGUISTIK ))
17204020007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM MATRIKULASI BAHASA ARAB KEMAHIRAN BERBICARA DAN MENULIS SANTRIWATI BARU DI PESANTREN PUTRI ALMAWADDAH COPER JETIS PONOROGO ( TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK DAN ANTROPOLINGUISTIK ))
17204020007_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Program matrikulasi bahas Arab adalah salah satu program dari lembaga pengembangan bahasa atau LAC dan CLI Pesantren Putri Al- Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Tujuan program ini adalah memberikan layanan bahasa Arab untuk membekali santriwati baru agar mampu berbahasa Arab secara lisan dan Tulisan. Permasalahan dibentuknya program matrikulasi bahasa Arab ialah karena santriwati baru tersebut berasal dari kalangan yang berbeda-beda serta banyaknya input santriwati baru yang tidak memiliki bekal pemahaman untuk mengikuti pembelajaran bahasa Arab dan kurangnya minat terhadap bahasa Arab.Dengan demikian dibentuklah program matrikulasi bahasa Arab khusus untuk santriwati baru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program matrikulasi bahasa Arab kemahiran berbicara dan menulis, materi atau modul yang digunakan dalam matrikulasi bahasa Arab dan tinjauan sosiolinguistik dan antropolinguistik dalam program matrikulasi bahasa Arab. Yang menjadi subjek data penelitian ini adalah santriwati baru kelas 1 Pintas Madrasah Aliyah Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh adalah pertama pelaksanaan program matrikulasi bahasa Arab dilakukan di pagi hari sore hari dan malam hari dibimbing oleh LAC dan CLI. Metode pembelajaran yang diterapkan pembimbing adalah metode eklektik. Evaluasi dilaksanakan pada akhir kegiatan yaitu setiap hari kamis pagi dengan memberikan soal-soal yang didapatkan selama kegiatan matrikulasi Bahasa Arab. tinjauan sosiolinguistik dan antropolinguistik dalam penelitian ini adalah identitas sosial dari penutur, identitas sosial dari pendengar, analisis sinkronik dan diakronik dari dialekdialek sosial, penilaian sosial yang berbeda oleh penutur akan bentuk ujaran , ragam linguistik dan lingkungan sosial berdwibahasa atau blingualisme suatu kebiasaan menggunakan dua bahasa dalam interaksi dengan orang lain yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris. Kedua materi atau modul yang digunakan yaitu ishlahul lugoh , sharaf al-nahwu, al-mufrodat, imla‟, insya‟ tarjamah, al-tamrinat dan dasar-dasar penguasaan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr.Nasiruddin, M.Si, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: speaking skill; writing skill; sosiolinguistik; antropolinguistik; dialek social; sharaf Al-nahwu
Subjects: Kesusastraan Arab > Linguistik - Terjemahan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 05 Jan 2022 14:36
Last Modified: 05 Jan 2022 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47959

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum