PERAN BI’AH LUGAWIYYAH DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ISTIMA’ DAN KALAM SANTRI PONDOK MODERN ASSALAAM TEMANGGUNG TAHUN 2019 (TINJAUAN TEORI BEHAVIORISTIK)

Intan Pratiwi, NIM.: 17204020010 (2019) PERAN BI’AH LUGAWIYYAH DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ISTIMA’ DAN KALAM SANTRI PONDOK MODERN ASSALAAM TEMANGGUNG TAHUN 2019 (TINJAUAN TEORI BEHAVIORISTIK). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BĪ’AH LUGAWIYYAH DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ISTIMĀ’ DAN KALĀM SANTRI PONDOK MODERN ASSALAAM TEMANGGUNG TAHUN 2019 (TINJAUAN TEORI BEHAVIORISTIK))
17204020010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN BĪ’AH LUGAWIYYAH DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ISTIMĀ’ DAN KALĀM SANTRI PONDOK MODERN ASSALAAM TEMANGGUNG TAHUN 2019 (TINJAUAN TEORI BEHAVIORISTIK))
17204020010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penerapan bilingual area di Pondok Modern Assalaam pada prakteknya masih terdapat beberapa masalah aktivitas keterampilan istima’ dan kalam yaitu kurangnya kepekaan peserta didik dalam menyimak bahasa, merasa tidak ada bahan untuk dibicarakan, tingkat pemahaman, konsentrasi, dan daya analisis siswa yang masih relatif rendah dalam menyimak, tidak ada partisipasi dari peserta didik lainnya, merasa tidak bisa berbahasa asing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif, yang di lakukan di Pondok Modern Assalaam Temanggung dengan menggunakan sempel guru pengajar bahasa Arab, pembimbing dan pengurus bahasa, serta siswa kelas X, XI, XII, sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi, yaitu pengecekan data dilakukan dengan tiga strategi yaitu sumber, metode, dan waktu. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peranan Bi’ah Lugawiyyah dalam pembelajaran keterampilan istima’ dan kalām yaitu lingkungan pembelajaran formal dan informal berperan terhadap keterampilan istima’ dan kalam, dimana keduanya mengharuskan siswa untuk berbicara dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam kesehariannya, menjadikan suatu kelebihan tersendiri dibandingkan dengan lingkungan yang tidak menerapkan bilingual area. (2) Proses pembelajaran meliputi pembelajaran formal yang di dalamnya terdapat: a) Tujuan adanya bi’ah lugawiyyah di pondok merupakan serangkaian aktivitas pendidikan yang berguna bagi kehidupan mereka di kemudian hari yang bisa menguasai dua bahasa b) Materi untuk pembelajaran Bahasa Arab yang meliputi kaidah-kaidah bahasa Arab c) Metode yang dipakai pada saat pembelajaran di kelas secara umum adalah Direct Method, d) Media yang dipakai adalah spidol, white board, lcd, kaset dan cd e) Evaluasi pembelajaran formal mencakup adanya penilaian terstruktur seperti tugas-tugas di kelas maupun di luar kelas (3) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan bī’ah lugawiyyah yaitu adanya asrama, sarana prasarana yang mendukung, motivasi dengan memberikan keteladanan, kedisiplinan dan pengontrolan, sangsi dan reward. Faktor penghambat menghadapi anak yang baru masuk pondok yang berlatar belakng bukan dari madrasah, mulai lunturnya minat santri terhadap pembelajaran bahasa dan para siswa mulai menyepelekan peraturan berbahasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nasiruddin, M.Si, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: menyimak; berbicara; lingkungan bahasa; belajar; pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Jan 2022 10:04
Last Modified: 06 Jan 2022 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47961

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum