KORELASI PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB ABAD 21 DAN PEMBELAJARAN BELAJAR BAHASA ARAB KOMUNIKATIF DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KOMUNIKATIF SISWA MAN 1 KOTA PEKALONGAN

M. Fairuz Rosyid, NIM.: 17204020013 (2019) KORELASI PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB ABAD 21 DAN PEMBELAJARAN BELAJAR BAHASA ARAB KOMUNIKATIF DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KOMUNIKATIF SISWA MAN 1 KOTA PEKALONGAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB ABAD 21 DAN PEMBELAJARAN BELAJAR BAHASA ARAB KOMUNIKATIF DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KOMUNIKATIF SISWA MAN 1 KOTA PEKALONGAN)
17204020013_BAB-I_IV-atau-V_ DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KORELASI PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB ABAD 21 DAN PEMBELAJARAN BELAJAR BAHASA ARAB KOMUNIKATIF DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KOMUNIKATIF SISWA MAN 1 KOTA PEKALONGAN)
17204020013_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan abad 21 yang menuntut setiap siswa mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Arab. Sebab bahasa Arab termasuk ke dalam bahasa resmi yang digunakan oleh Perserikatan Bangsa- Bangsa sekaligus bahasa komunikasi masyarakat Islam. Oleh karena itu, sudah sepatutnya guru bahasa Arab melaksanakan pembelajaran bahasa Arab komunikatif untuk mengantarkan siswa pada kompetensi komunikatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah kompetensi guru bahasa abad 21 yang dikembangkan oleh Nastiti, teori pembelajaran bahasa Arab komunikatif B. Bala Nagendra Prasad dan Teori kompetensi komunikasi Canale dan Swain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana persepsi siswa mengenai kompetensi guru bahasa Arab abad 21? (2) Bagaimana persepsi siswa mengenai pembelajaran bahasa Arab komunikatif? (3) Bagaimana prestasi belajar bahasa Arab komunikatif siswa? (4) Apakah terdapat korelasi yang signifikan antara persepsi siswa mengenai kompetensi guru bahasa Arab abad 21 dengan prestasi belajar bahasa Arab komunikatif siswa MAN 1 Kota Pekalongan? (5) Apakah terdapat korelasi yang signifikan antara persepsi siswa mengenai pembelajaran bahasa Arab komunikatif dengan prestasi belajar bahasa Arab komunikatif siswa MAN 1 Kota Pekalongan? (6) Apakah terdapat korelasi yang signifikan antara persepsi siswa mengenai kompetensi guru bahasa Arab abad 21 dan pembelajaran bahasa Arab komunikatif dengan prestasi belajar bahasa Arab komunikatif siswa MAN 1 Kota Pekalongan? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data tersebut dengan survey angket. Dalam penelitian ini menggunakan model analisis korelasi regresi. Hasil penelitian adalah: (1) Siswa MAN 1 Kota Pekalongan memiliki persepsi mengenai kompetensi guru bahasa Arab abad 21 yang tinggi dengan ratarata skor 93,9. (2) Siswa MAN 1 Kota Pekalongan memiliki persepsi mengenai kompetensi guru bahasa Arab abad 21 yang rendah dengan rata-rata skor 34,93. (3) Siswa MAN 1 Kota Pekalongan memiliki prestasi belajar bahasa arab komunikatif yang rendah dengan rata-rata skor 51,16. (4) Koefisien korelasi Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Bahasa Abad 21 (X1) dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Komunikatif (Y) adalah 0,671 (rx1y = 0,671). Selain itu, nilai sign 2-tailed sebesar sebesar 0,000. Dengan demikian α = 0,05 lebih besar dari Sig atau 0.05 > 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Bahasa Abad 21 berhubungan secara signifikan dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Komunikatif. (5) Koefisien Persepsi Siswa Mengenai Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif (X2) dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Komunikatif (Y) adalah 0,634 (rx2y = 0,634). Selain itu, nilai sign 2-tailed sebesar 0,000. Ternyata α = 0,05 lebih besar dari Sig atau 0.05 > 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya Persepsi Siswa Mengenai Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif berhubungan secara signifikan dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Komunikatif. (6) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Bahasa Abad 21 (X1) dan Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif (X2) dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Komunikatif (Y) dengan koefisien korelasi adalah 0,691 (rx1x2y = 0,691). Selain itu, nilai sign 2-tailed sebesar sebesar 0,000. Ternyata α = 0,05 lebih besar dari Sig atau 0.05 > 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Bahasa Abad 21 dan Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif berhubungan secara signifikan dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Komunikatif. Selain itu, berdasarkan grafik scatter plot, terlihat titiktitik plot data membentuk pola garis lurus dari kiri bawah naik ke kanan atas. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang linier dan positif antar variabel yang mana jika Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Bahasa Abad 21 (X1) dan Persepsi Siswa Mengenai Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif (X2) mengalami peningkatan maka Prestasi Belajar Bahasa Arab Komunikatif akan meningkat pula (Y).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sigit Purnama, S. Pd. I., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru; Pembelajaran Bahasa Arab; prestasi belajar; teori kompetensi komunikasi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Jan 2022 12:23
Last Modified: 06 Jan 2022 12:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47963

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum