EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ADOBE MUSE UNTUK MAHARAH ISTIMA’ (PENELITIAN EKSPERIMEN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PATI)

Retno Wahyuningsih, NIM.: 17204021005 (2019) EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ADOBE MUSE UNTUK MAHARAH ISTIMA’ (PENELITIAN EKSPERIMEN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PATI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ADOBE MUSE UNTUK MAHARAH ISTIMA’ (PENELITIAN EKSPERIMEN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PATI))
17204021005_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ADOBE MUSE UNTUK MAHARAH ISTIMA’ (PENELITIAN EKSPERIMEN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PATI))
17204021005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pada era modern ini masih banyak guru yang belum maksimal dalam menggunakan media pembelajaran. Para guru lebih merasa simple dengan menggunakan media konvensional. Tapi media konvensional justru membuat para peserta didik merasa jenuh dan bosan di dalam kelas. Jika media pembelajaran digunakan dengan semaksimal mungkin akan menghasilkan pembelajaran yang efektif dan tidak membosankan. Adobe muse adalah perangkat lunak untuk membuat web dengan mengintegrasikan berbagai media seperti gambar, suara, video, teks dan flash ke dalam presentasi yang dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Adobe Muse untuk mahārah istimā’ di kelas IX MAN 1 Pati. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah desain kelas pretest-posttest dengan dibagi dua kelompok kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dengan uji t menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran maharah istima’ dengan menggunakan media berbasis adobe muse lebih efektif dari pada pembelajaran aharah istima’ yang hanya menggunakan media konvensional. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji- t nilai posttest dari kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu Kelas XI hasil uji-t nilai posttest lebih besar dari nilai t tabel, 5.045 > 2,030 (bisa dilihat di nilai-nilai distribusi t tabel pada alfa uji dua pihak “two tail test” pada taraf signifikan 0,05 / 5%) dan sig.2-tailed lebih kecil dari nilai probilitas 0,05 yaitu 0,000

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; aplikasi adobe muse; website; audio; klasifikasi media
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Jan 2022 13:14
Last Modified: 06 Jan 2022 13:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47968

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum