KAJIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENURUT PEMIKIRAN PROF. DR. MAHMUD YUNUS DALAM METODIK KHUSUS BAHASA ARAB (BAHASA AL-QUR’AN)

Nurfadhillah Rahma, NIM.: 17204021010 (2020) KAJIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENURUT PEMIKIRAN PROF. DR. MAHMUD YUNUS DALAM METODIK KHUSUS BAHASA ARAB (BAHASA AL-QUR’AN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENURUT PEMIKIRAN PROF. DR. MAHMUD YUNUS DALAM METODIK KHUSUS BAHASA ARAB (BAHASA AL-QUR’AN))
17204021010_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENURUT PEMIKIRAN PROF. DR. MAHMUD YUNUS DALAM METODIK KHUSUS BAHASA ARAB (BAHASA AL-QUR’AN))
17204021010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini tentang Kajian Pembelajaran Bahasa Arab menurut Pemikiran Prof. Dr. M. Yunus dalam Metodik Khusus Bahasa Arab dilatar belakangi oleh pentingnya metode dalam pembelajaran Bahasa Arab agar peserta didik dapat dengan mudah memahami inti dari pembelajaran bahasa asing tersebut dengan baik dan juga pada akhirnya peserta didik dapat menggunakan bahasa Arab dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode pembelajaran bahasa Arab menurut Mahmud Yunus dalam Metodik Khusus Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Secara lebih khusus jenis penelitian dalam kualitatif ini termasuk penelitian keperpustakan (library/literaty research), yakni dilaksanakan dengan menggunakan literature (kepustakaan), membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian baik berupa buku, catatan maupun laporan hasil penelitian dari penelitian sebelumnya. Sumber data yang digunakan adalah berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalaha analisis konten (isi), analisis historis (sejarah), dan analisis deskriptif (penggambaran). Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknis dokumentasi dan juga teknik studi pustaka, yakni dimulai dengan mengumpulkan data kepustakaan ataupun beragam informasi berupa materi di ruang perpustakaan berkenaan dengan topik yang dibahas dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran bahasa Arab yang digunakan Mahmud Yunus adalah Metode Langsung atau Direct Method, yaitu suatu metode yang dalam pembelajaran menggunakan bahasa Asing tersebut sebagai bahasa pengantar dalam proses pembelajarannya. Metode yang diangkat oleh Mahmud Yunus ini sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran karena peserta didik dipaksa untuk bisa berbahasa Arab dan pada akhirnya mahir dalam berbahasa Arab baik itu mahir dalam berbicara ataupun mahir dalam mendengar, membaca maupun dalam menulis bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nasiruddin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: metodik; metode langsung; direct method; media pembelajaran;
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Jan 2022 12:41
Last Modified: 06 Jan 2022 12:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47971

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum