INTEGRASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA BERBAUR KABUPATEN WONOSOBO

Ayu’ Atisah, S.Pd., NIM.: 17204021013 (2020) INTEGRASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA BERBAUR KABUPATEN WONOSOBO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA BERBAUR KABUPATEN WONOSOBO)
17204021013_BAB-I_ATAU_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA BERBAUR KABUPATEN WONOSOBO)
17204021013_BAB-II_S.D-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab memiliki keterkaitan erat dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam sehingga keduanya dapat diintegrasikan untuk menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan seperti halnya yang telah diterapkan di MA Berbaur kabupaten Wonosobo. Meski demikian, tidak semua tujuan pembelajaran tercapai dengan sempurna. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengevaluasi integrasi pembelajaran bahasa Arab dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam. Untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran tidak cukup hanya dengan meneliti materi ajar, namun juga diperlukan adanya evaluasi pendekatan dan metode pembelajaran yang guru gunakan pada kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, peneliti merancang empat rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana konsep integrasi pembelajaran integrasi bahasa Arab dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam? 2) Nilai-nilai keislaman apa saja yang dapat dikembangkan dalam integrasi pembelajaran bahasa Arab dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam? 3) Bagaimana ketercapaian integrasi pembelajaran bahasa Arab dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam? 4) Apa hasil evaluasi integrasi pembelajaran bahasa Arab dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru. Sedangkan untuk sumber data berasal dari informan (guru dan peserta didik), dokumentasi dan pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan menggunakan konsep dari Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat dinyatakan sebagai berikut: 1) konsep pembelajaran integrasi yang terjadi di MA Berbaur mencakup tujuan, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran. 2) Nilai-nilai keislaman yang dikembangkan yaitu berakhlak yang baik, mempraktekkan ibadah, menghafal ayat-ayat al-Qur’an. 3) Ketercapaian pembelajaran integrasi 100% pada aspek sosial dan spiritual, 70% pada aspek pengetahuan dan 58% pada aspek keterampilan. 4) hasil evaluasi integrasi pembelajaran bahasa Arab dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam yaitu realita integrasi hanya pada materi ajar, selain motivasi peserta didik yang perlu ditingkatkan kemampuan pedagogik guru juga perlu ditingkatkan. Dari hasil penelitian ini, pihak sekolah dapat melakukan perbaikan guna mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nasirudin, M.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab; konsep Miles; konsep Huberman; evaluasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Jan 2022 13:03
Last Modified: 06 Jan 2022 13:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47973

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum