ANALISIS TINGKAT STRES SISWA TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

Dwi Nurlatifah, S.Pd.I, NIM.: 16204080001 (2019) ANALISIS TINGKAT STRES SISWA TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS TINGKAT STRES SISWA TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
16204080001_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS TINGKAT STRES SISWA TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
16204080001__BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tahsin dan tahfidz Al-Qur‟an merupakan program unggulan di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta dengan target lulusan hafal 6 juz. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui tingkat stres yang dialami siswa, faktor yang mempengaruhi stres siswa dan mengetahui coping stresnya. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) dengan desain Sequential Explanatory. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan kuesioner untuk mengukur tingkat stres dengan analisis ststistik deskriptif. Pada pengumpulan data kualitatif menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan analisis data; reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kemudian mengambil kesimpulan secara keseluruhan Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Tingkat stres siswa Tahfidz Al-Qur‟an di kelas 4 MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta menunjukan dari 18 siswa, 1 siswa dalam kategori tingkat stres akademik tinggi, 14 (78%) siswa berada dalam kategori tingkat stres akademik sedang, dan 4 (22%) siswa berada dalam kategori tingkat stres akademik rendah. (2) Faktor yang mempengaruhi tingkat stres siswa tahfidz Al-Qur‟an di kelas 4 MI Nurul Ummah Kotagede meliputi; pesimis dan keyakinan yang rendah pada diri siswa, kurangnya peranan orang tua dan pembelajaran yang monoton. (3) Upaya coping stres siswa tahfidz Al-Qur‟an yaitu menghindari stresor yang bersifat sementara, kemudian siswa mengatasi stres dengan mencari bantuan atau dukungan sosial, dan menyelesaikan problem stressor.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Suyadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: hafalan Al-Qur‟an; tahsin; tahfidz; keyakinan diri; Al-Quran recitation
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Jan 2022 14:06
Last Modified: 06 Jan 2022 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47974

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum