PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO & MI MA’HAD ISLAMY

Arip Arizal Mustahidin, NIM.: 17204080004 (2020) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO & MI MA’HAD ISLAMY. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO & MI MA’HAD ISLAMY)
17204080004_BAB I_BAB V.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO & MI MA’HAD ISLAMY)
17204080004_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Tuntutan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan terus berkembang dari masa ke masa, bahkan melahirkan beragam lembaga pendidikan non-formal yang memanfaatkan teknologi untuk menyelenggarakan pembelajaran, seperti munculnya beragam startup pendidikan. Sedangkan dalam implementasi kurikulum 2013, penggunaan teknologi dituntut untuk diintegrasikan ke berbagai jenjang pendidikan salah satunya tingkat sekolah dasar. Adanya tuntutan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran menimbulkan beragam respon dari berbagai sekolah yang mengimplementasikan kurikulum 2013, Sehingga setiap sekolah memiliki upaya tersendiri dalam merespon hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Bagaimana upaya sekolah dalam memenuhi tuntutan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. 2) Bagaimana kemampuan guru dalam pemanfaatan atau penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. 3) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan dibidang teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu proses pembelajaran. Penelitian ini, merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Mile dan Huberman yang meliputi reduksi data (data Reduction), Penyajian Data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (Conclusion Drawing/Verification) sedangkan teknik uji kebasahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum kedua sekolah telah mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran, adapun yang dilakukan sekolah sebagai berikut. 1) Upaya yang dilakukan sekolah dalam memenuhi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran yaitu menjadikan kemampuan TIK sebagai salah syarat menjadi tenaga pendidik mengikut sertakan guru dalam beragam kegiatan TIK dan mengadakan program sendiri, memfasilitasi sekolah serta kerjasama dengan beragam instansi. 2) Kemampuan guru dalam bidang teknologi di kedua sekolah secara umum guru sudah mampu mengoperasikan perangkat keras dan lunak serta sudah mampu mengintegrasikan ke dalam kegiatan pembelajaran meskipun pelibatan teknologi tidak semua diterapkan dalam tahapan saintifik. 3). Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan dalam bidang teknologi dilakukan dengan mengikuti pelatihan, kursus, tutor sebaya, pelatihan online, dan kolaborasi dengan orangtua siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: TIK; kurikulum 2013; pendidikan guru; kompetansi guru; technology
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Jan 2022 12:50
Last Modified: 06 Jan 2022 12:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47975

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum