INTERVENSI METODE BELAJAR MULTISENSORI UNTUK ANAK DISLEKSIA

Yeni Wulandari, NIM.: 17204080043 (2020) INTERVENSI METODE BELAJAR MULTISENSORI UNTUK ANAK DISLEKSIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI METODE BELAJAR MULTISENSORI UNTUK ANAK DISLEKSIA)
17204080043_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI METODE BELAJAR MULTISENSORI UNTUK ANAK DISLEKSIA)
17204080043_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang timbul didunia pendidikan, yang mana isu akan penderita disleksia yang berdampak pada kemampuan berbahasa seorang anak. Selain itu disleksia tidak dapat disembuhkan melainkan ditekan angka ketidak mampuan seorang anak itu sendiri, maka dari itu bermunculanlah sebuah metode belajar yang bertujuan untuk membantu ketidak mampuan anak disleksia salah satunya metode Multisensori, namun metode ini masih diragukan tingkat keberhasilan karena ada banyak metode belajar yang tidak banyak memberikan rekomendasi. Namun penelitian ini mencoba memodifikasikan metode belajar dengan intervensi terlebih dahulu, sebelum melakukan metode multisensori anak terlebih dahulu melakukan intervensi untuk mengetahui kekurangan anak laki-laki YA dan sebab-sebab anak mengalami gangguan belajar, setelah itu baru melakukan tahap multisensori selama empat bulan. Penelitian ini menggunakan penelian Kualitatif untuk mendeskripsikan dengan tujuan untuk melihat roses intervensi dan multisensori dan melihat tingkat keberhasilan intevesi multisensori, dengan bentuk Studi kasus tunggal single-case studies dengan subjek penelitian Anak Laki-laki YA dengan informan penelitian anak laki-laki YA, orang tua dan juga guru dengan data buku, rapot serta laporan hasil peningkatan. Selain itu menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya teknik wawancara, teknik pengamatan secara langsung, teknik analisis data, dan teknik catat selain itu teknik analisis data dan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik, trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Pada hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Intervensi Metode Belajar Multisensori memberikan hasil dimana intervensi dari sebab-sebab anak Laki-laki YA memang memiliki kekurangan bahasa yang dikatakan disleksia dan dari indikator kekurangan anak mengalami kesulitan mengenal huruf, mengeja kata atau pun kalimat, menulis dengan benar serta mengingat dengan baik, dan menghafal dengan baik Dari keseluruhan tahap yang ada anak menujukkan tingkat keberhasilan yang cukup memuaskan walau pun pada tahapan proses menguatkan ingatan anak perlu membutuhkan waktu yang panjang untuk hasil yang memuaskan namun pada kesimpulan akirnya pun peneliti menemukan potensi anak yang bisa dan dapat dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbahasa; metode belajar; disleksia; gangguan belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Jan 2022 12:59
Last Modified: 06 Jan 2022 12:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47976

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum