PERAN GURU KELAS DALAM MENGAMPU TUGAS BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (STUDI KASUS GURU KELAS IV DI 4 SEKOLAH (SD/MI) KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)

Agra Dwi Saputra, NIM.: 17204080045 (2020) PERAN GURU KELAS DALAM MENGAMPU TUGAS BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (STUDI KASUS GURU KELAS IV DI 4 SEKOLAH (SD/MI) KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU KELAS DALAM MENGAMPU TUGAS BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (STUDI KASUS GURU KELAS IV DI 4 SEKOLAH (SD/MI) KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA))
17204080045_COVER_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU KELAS DALAM MENGAMPU TUGAS BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (STUDI KASUS GURU KELAS IV DI 4 SEKOLAH (SD/MI) KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA))
17204080045_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Layanan bimbingan dan konseling di sekolah sangat diperlukan dalam membantu siswa mengembangkan potensi dan bakat siswa serta membantu menangani masalah yang dihadapi. Namun kenyataan di lapangan tidak semua guru kelas melaksanakan layanan bimbingan dan konseling, seperti hasil penelitian oleh Wahyu Hadi Pranoto yang mengatakan bahwa 66,87% guru kelas melaksanakan layanan bimbignan dan konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui pemahaman guru kelas IV tentang tugas bimbingan dan konseling di 4 sekolah (SD/MI) Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan tugas bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru kelas IV di 4 sekolah (SD/MI) Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV di 4 sekolah (SD/MI) Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta yaitu MI Al Huda, MI Ma’arif, SDN Nanggulan, SDN Maguwoharjo I. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini: (1) seseorang yang telah memahami dapat diketahui ketika seseorang tersebut mampu menginterpretasi atau mengulang informasi lebih rinci tentang sesuatu dengan menggunakan bahasa sendiri. (2) terlaksananya bimbingan dan konseling dapat dilihat dari berjalannya layanan-layanan bimbingan dan konseling. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) guru kelas telah memahami bimbingan dan konseling dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari pengetahuan guru kelas mengenai tugas bimbingan dan konseling sudah mereka pahami, tujuan bimbingan dan konseling sudah mereka pahami, bidang-bidang bimbingan dan konseling sudah mereka pahami, dan jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling sudah mereka pahami walaupun belum maksimal. (2) guru kelas telah melaksanakan bimbingan dan konseling walaupun belum diterapkan secara optimal. Hal tersebut dapat dilihat dengan berjalannya layanan orientasi; layanan informasi; layanan penempatan atau penyaluran; layanan konseling perorangan; layanan bimbingan kelompok; layanan konseling kelompok, layanan konsultasi, dan layanan mediasi. Selain itu, bimbingan dan konseling secara umum dalam mengatasi siswa bermasalah juga terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: guidance and counseling; role of classroom teacher; guru
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Jan 2022 13:40
Last Modified: 06 Jan 2022 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47977

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum