ANALISIS PEMIKIRAN MATTHEW LIPMAN TENTANG FILSAFAT UNTUK ANAK (PHILOSOPHY FOR CHILDREN/P4C)

Salma Binti Ismail, NIM.: 17205010087 (2020) ANALISIS PEMIKIRAN MATTHEW LIPMAN TENTANG FILSAFAT UNTUK ANAK (PHILOSOPHY FOR CHILDREN/P4C). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PEMIKIRAN MATTHEW LIPMAN TENTANG FILSAFAT UNTUK ANAK (PHILOSOPHY FOR CHILDREN/P4C))
17205010087_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PEMIKIRAN MATTHEW LIPMAN TENTANG FILSAFAT UNTUK ANAK (PHILOSOPHY FOR CHILDREN/P4C))
17205010087_BAB-II_sampai-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan analisis filosofis dan berdasarkan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini berfokus pada aspek fondasi, gagasan pokok dan kegunaan P4C yang dipelopori Matthew Lipman. Tujuan penelitian untuk menemukan rumus-rumus, dalil-dalil, aksioma-aksioma dan mengetahui kritik dan relevansi pemikiran Matthew Lipman dalam konteks kekinian, khususnya pada pendidikan anak di Malaysia. Pragmatisme Matthew Lipman membangun “Community of Inquiry” (CI) yang digabung dalam “Philosophy for Children” (P4C) dimulai dengan pengalaman negatif mengajar filsafat kepada mahasiswa di akhir tahun 60an. Program ini menjadi bagian dari solusi di mana Lipman mengembangkannya di masyarakat dan masih relevan dalam konteks kekinian. Ide-ide Lipman telah menunjukkan bahwa anak-anak bisa berfilsafat. Anak-anak pada dasarnya seorang filosof alamiah. Menggunakan Metode Sokrates, anak-anak mampu mewujudkan pemikiran filosofis dengan bimbingan guru-fasilitator. Lipman menganut konsep demokrasi Dewey, konsep penyelidikan komunitas, dan bersikeras bahwa pendidikan harus mengikutinya. Gagasan P4C Matthew Lipman disebut sebagai program yang menggunakan sumber daya intelektual untuk anak-anak terkait dengan pemikiran kritis, kreatif, dan peduli. Lipman menerapkan P4C berdasarkan pada paradigma alternatif pengetahuan reflektif yang berbeda dengan standar praktik paradigma normal. P4C secara struktural memupuk kekuatannya melalui penyelidikan, dialog, penciptaan konsep (kebenaran), penalaran, refleksi dan nilai-nilai kebajikan. Kekuatan ini membuat P4C mampu berkontribusi secara demokratis di banyak penjuru dunia. Filsafat berupaya memahami koneksi dengan mengembangkan perspektif yang komprehensif. Filsafat seharusnya tidak diperlakukan sebagai subjek esoterik yang hanya dapat diakses oleh elit akademik. Faktanya, berfilsafat adalah hak setiap orang. Lipman menggunakan CI dalam P4C untuk mendidik anak-anak berfilsafat. Anak-anak mendapat kedalaman dan makna yang lebih besar bagi kehidupan mereka, membantu mereka mengembangkan kesadaran kritis tentang situasi, mengajar mereka tidak hanya untuk menerima hal-hal pada pandangan pertama tetapi untuk mengajukan pertanyaan. Melalui filsafat, anak-anak dan orang dewasa dapat mengalami berbagai cara untuk melihat dan memahami dunia, mengevaluasi klaim orang lain, untuk menganalisis dan menggunakan alasan, daripada hanya menerima asumsi dan prasangka. Realitas kehidupan kontemporer berdasar demokrasi. Negara Malaysia dihuni oleh multietnis, multikultural dan beragam agama. Filsafat sangat relevan dan harus diperkenalkan kembali kepada masyarakat, dimulai dengan anak-anak sekolah. Mempertimbangkan karateristik Malaysia dan sistem pendidikannya, implementasi P4C dalam pendidikan Malaysia adalah suatu keharusan. Selain itu, memeriksa kembali beberapa aspek dasar P4C dan bagaimana hal ini bermanfaat bagi Malaysia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Alim Roswantoro, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Philosophy for Children (P4C); Community of Inquiry (CI); Malaysia; Demokrasi Dewey
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Pendidikan > Filsafat Pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2) > Filsafat Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 11 Jan 2022 15:44
Last Modified: 11 Jan 2022 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47996

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum