ADMINISTRASI KURIKULUM BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Khoirunika dwi Itaqwa Diana, NIM. 02411472 (2006) ADMINISTRASI KURIKULUM BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADMINISTRASI KURIKULUM BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
02411472_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ADMINISTRASI KURIKULUM BIDANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
02411472_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang pelaksanaan administrasi kurikulum bidang pendidikan agama Islam di S:MAN 3 Yogyakarta dan SMAN 8 Yogyakarta serta persamaan dan perbedaan yang dimiliki masing-masing sekolah tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan sumbangan pemikiran tentang administrasi kurikulum PAI. Penelitian ini mernpakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar SMAN 3 Yogyakarta dan SMAN 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan obsevasi, inte1view, dan dokumentasi. Metode keabsahan data mengg1mkan triangulasi dan pengecekan sejawat. Analisis data dilakukan dengan pola pikir induktif dan kompai·atif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan administrasi ktrrikulum bidang PAI di SMA N 3 Yogyakarta dan SMA N 8 Yogyakarta telah melaksanakan administrasi dengai1 baik ha! ini dapat diketalmi denga.11 basil belajar yang telah diterima oleh kedua sekolah tersebut sebagian besar siswa putri memakai jilbab dan kenakalan remaja tidak ada yang menyimpang dari kriminal. (2) Pelaksanaa administrai kurikulum bidang P Al di SMA N 3 Yogyakarta dalam perencanaan sekolah disusun dengan rapi ya.t1g bertujua.t1 menjadikan siswa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berkepribadian yang baik dari berakhlak mulia dalam menghadapi persaingan global baik nasional maupun internasional. Perencanaan dilakukan untuk memberikan pendidikan ya.t1g terbaik bagi siswa dalam pembelajaran. Penyusunan program-program pembelajaran sampai pada penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh setiap guru disusun rapi dalam sebuah buku yang dijilid. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan suasana menyena.t1gkan dan pembelajaran aktif dengan melalui diskusi di kelas maupun di luar kelas. Evaluasi yang dilakukan dengan tes melalui pengamata.t1 siswa dalam kegiatan diskusi di kelas. Evaiuasi non tes dilakukan dengan pengamatan diluar kelas menyangkut kepribadiat1 siswa dalam kesehariatmya diketahui melalui wawancara, observasi, dat1 skala penilaian pada siswa.(3) Pelaksanan administrasi ktrrikulum bidang PAI di SMA N 8 Yogyakmta dalam perencanaan telah disusun oleh setiap guru denga.t1 mengisi kolom yang telah c.isediakan ya.t1g disusun dalain perangkat pembelajaran yang disahka.tl oleh sekolah. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tanya jawab kepada siswa. Siswa diharapkan untuk selalu aktif menjawab berbagai pertanyaa.t1 dari guru maupun siswa sendiri dan memberikan opini terhadap materi yang disampaikan. Evaluasi yang dilakukan dengan tes dengan memberikan point-point nilai pada siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru baik lisan maupun tulisan. Non tes dilakukan untuk menilai kepribadian siswa menyangkut ibadah sehari-sehari seperti sholat fardhu, puasa senin dan kainis,kelancaran dalam membaca AI-Qur' an dan sebagainya diketahui melalui angket, wawancara, observasi, dan skala pcnilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sardjuli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Administrasi Kurikulum, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Dec 2021 16:16
Last Modified: 24 Dec 2021 16:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47998

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum