UPAYA PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURWODADI -- GROBOGAN

Iis Setyaningsih, NIM.02421313 (2006) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURWODADI -- GROBOGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi -- Grobogan)
02421313_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi -- Grobogan)
02421313_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penyusunan skripsi ini berkenaan dengan upaya peningkatan kualitas layanan pembelajaran Bahasa Arab serta hasil yang dicapai berkaitan dengan upaya-upaya yang telah dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Grobogan. Penelitian ini menarik untuk dilakukan bermula dari keresahan penulis sebagai alumni jurusan Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Grobogan, yang pada empat tahun lalu penulis merasakan bahwa layanan sekolah dalam pembelajaran Bahasa Arab masih sangat kurang untuk meningkatkan kualitas output siswa jurusan bahasa. Bermula dari sinilah, maka penulis ingin mengetahui sejauh mana perkembangan pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Grobogan, terutama untuk pembelajaran Bahasa Arab, dan upaya yang pada akhimya mengacu kepada upaya-upaya apa sajakah yang telah dilakukan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas layanan pembelajaran Bahasa Arab dan bagaimana hasil yang dicapai. Adapun metode yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini adalah diskriptik analitik non statistik, dalam pengumpulan data penulis mengadakan observasi, wawancara. Dokumentasi, serta angket. Adapun data yang diperoleh bersumber dari kepala sekolah, wakamad bidang kurikulum, guru Bahasa Arab, dan siswa. Selain itu juga dari data yang berupa dokumen-dokumen dan literatur-literatur yang relevan. Berdasarkan penelitian, penulis mendapatkan beberapa kesimpulan, Yaitu: pertama, bahwasanya dalam upaya peningkatan kualitas layanan pembelajaran Bahasa Arab memerlukan komponen-komponen yang sangat berkaitan erat, yaitu guru yang kompeten dan profesio11al, pengembangan dan binaan kurikulum, serta fasifitas sumber belajar dan lingkungan belajar yang mendukung. Kedua, Basil yang dicapai oleh Madrasah Aflyah Negeri Purwodadi - Grobogan sehubungan dengan ketiga komponen diatas adalah telah cukup memuaskan juntuk standar peningkatan kualitas layanan pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimb8ng :. H. Muallif Syahlany
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kualitas Layanan, Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Dec 2021 16:17
Last Modified: 24 Dec 2021 16:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48000

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum