EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL GALLERY OF LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI DI MAN KARANGANYAR

Suharsono, NIM. 02451159 (2006) EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL GALLERY OF LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI DI MAN KARANGANYAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL GALLERY OF LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI DI MAN KARANGANYAR)
02421313_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL GALLERY OF LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI DI MAN KARANGANYAR)
02421313_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektif tidaknya pembelajaran dengan menggunakan Strategi Active Learning model Gallery of Learning terhadap hasil belajar biologi pada pokok bahasan sistem pernafasan, (2) mengetahui peningkatan aktifitas dan partisipasi siswa saat pembelajaran berlangsung, dan (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan Strategi Active Learning model Gallery of Learning. Populasi yang menjadi generalisasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Karanganyar tahun ajaran 2005/2006. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA I sebagai kelompok kontrol, dan siswa kelasXI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen. Pengambilan sampel aengal) model Randomized Canto! Group Pre-test Post-test Desaign. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Instrumen terelebih dahulu divalidasi untuk mengetahui kesahihan dan kehandalan dalam mengukur sesuatu yang hendak diukur. Analisis yang digunakan adalah kuantitatif deskripsi dan uji-t. uji prasyarat menggunakan , (I) Liji normalitas diperoleh hasil bahwa data berdistribusi normal, (2) uj i homogenitas diperoleh hasil bahwa sampel homogen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, (I) pembelajaran dengan menggunakan Strategi Active Learning model Gallery, of Learning pada pokok bahasan sistem pernafasan lebih efektif dari pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI MA'N Karanganyar tahun ajaran 2005/2006, ditunjukkan dengan hasil uji-t yang diperoleh t)lit sebesar 2,079 dengan p = 0,042 < a = 0,05 dan peningkatan hasil post-test terhadap pre­test kelas eksperimen lebih besar disbanding kelas kontrol yakni 4,07 dan 3,31, (2) peningkatan aktifitas siswa selama pembelajaran berlangsung dan mendorong untuk kerja sesuai dengan metode ilmiah, kerja kelompok, tanggungjawab terhadap tugas dan diskusi, ( 3) Siswa kelas XI IPA 2 MAN Karanganyar tahun · ajaran 2005/2006 memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan Strategi Active Learning model Gallery of Learning sebesar 58, 19 %

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Paidi M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Active Learning model Gallery of Learning, hasil belajar biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Dec 2021 16:17
Last Modified: 24 Dec 2021 16:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48001

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum