KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM TAFSIR NAZARAT FI KITAB ALLAH KARYA ZAINAB AL-GHAZALI (TELAAH EPISTEMOLOGI DAN GENDER)

Ahmad Aqib, S.Th.I, NIM.: 1520510050 (2019) KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM TAFSIR NAZARAT FI KITAB ALLAH KARYA ZAINAB AL-GHAZALI (TELAAH EPISTEMOLOGI DAN GENDER). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM TAFSIR NAZARAT FI KITAB ALLAH KARYA ZAINAB AL-GHAZALI (TELAAH EPISTEMOLOGI DAN GENDER))
1520510050_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM TAFSIR NAZARAT FI KITAB ALLAH KARYA ZAINAB AL-GHAZALI (TELAAH EPISTEMOLOGI DAN GENDER))
1520510050_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang konstruksi perempuan dalam tafsir Zainab al-Ghazali. ada tiga alasan fundamental yang melandasi penulisan kajian ini. Pertama, Zainab adalah pejuang perempuan (daiyah) yang mempunyai concern tinggi terhadap al-quran. kedua, dia adalah seorang mujahidah, pejuang yang mempunyai sensitivitas tinggi terhadap masalah perempuan dan bangun keilmuan Islam. ketiga, Sejarah kehidupannya yang berada di tengah perjuangan kemerdekaan dan transisi pemerintah Mesir menjadi faktor penting dalam membentuk corak dan karakter kepribadian yang selanjutnya termanifestasikan dalam pemikiran-pemikran tafsirnya. Acuan pembahasan penelitian ini ada pada bangunan epistemologi tafsir Zainab al-Ghazali, berikut dengan penafsirannya terhadap ayat-ayat tentang penciptaan, rasionalitas dan kepemimpinan perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan filsafat ilmu dengan menggunakan metode induktif. Pendekatan epistemologi Abid al- Jabiri, analisis Gender, dan teori Effective History Gadamer juga digunakan untuk menelisik lebih jauh penafsiran. Sumber Primer penelitian ini adalah karya Zainab al- Ghazali yakni kitab Nazarat fi Kitab Allah, Ayyam Min Hayati. Sedang sumber sekunder diambil dari tulisan-tulisan yang mempunyai relevansi terhadap penelitian. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa kontsruk epistemologi Zainab al-Ghazali dalan tafsirnya meliputi: Sumber utama (Origins) adalah al-quran sedangkan,hadis, realitas, akal, pendapat ulama,dan kisah mejadi penguat saja. Metode tafsirnya ialah menggunakan tartib surah dan bercorak tahlili. sedang Validitas penafsirannya adalah teori koherensi melalui al-Quran Adapun kecenderungan alur logika dalam pemikiran Zainab al-Ghazali dianalisa menggunakan teori Abid al-Jabiri lebih mengacu kepada epistemologi bayani yang menjadikan teks-teks otoritatif al-Quran sebagai basis fundamentalnya. berkaitan dengan penafsiran perempuan baik dari penciptaan, rasionalitas dan kepemimpinan, Zainab al-Ghazali mengatakan bahwa baik laki-laki atau perempuan memiliki porsi yang sama tidak ada hirarki superioritas satu sama lain, namun tidak menafikan kultur patriarki yang dominan dalam tafsirnya. Keterpengaruhan sejarah dalam penafsiran jelas terlihat melalui kesesuaian hasil penafsiran dengan poin yang ditetapkan oleh Ikhwanul Muslimin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Phil Sahiron, M.A
Uncontrolled Keywords: aktivitas sosial; otoritas al-Quran; sosio politik
Subjects: Epistemologi
Gender
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2) > Studi al Qur'an dan Hadits
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 11 Jan 2022 14:55
Last Modified: 11 Jan 2022 14:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48002

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum