KONSEP ULUL AL-ALBAB DALAM AL-QUR'AN DAN IMPLEMENTASINYA DALM PENDIDIKAN ISLAM:PENDEKATAN TEMATIS, FILOSOFIS, PEDAGOGIS-KRITIS

Izzatul Laila, NIM. 02471321 (2006) KONSEP ULUL AL-ALBAB DALAM AL-QUR'AN DAN IMPLEMENTASINYA DALM PENDIDIKAN ISLAM:PENDEKATAN TEMATIS, FILOSOFIS, PEDAGOGIS-KRITIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP ULUL AL-ALBAB DALAM AL-QUR'AN DAN IMPLEMENTASINYA DALM PENDIDIKAN ISLAM:PENDEKATAN TEMATIS, FILOSOFIS, PEDAGOGIS-KRITIS)
02471391_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (KONSEP ULUL AL-ALBAB DALAM AL-QUR'AN DAN IMPLEMENTASINYA DALM PENDIDIKAN ISLAM:PENDEKATAN TEMATIS, FILOSOFIS, PEDAGOGIS-KRITIS)
02471391_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (34MB)

Abstract

Untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan dalam suatu lembaga pendidikan maka diperlukan alat nyaitu kurikulum. Karena sebagai salah satu elemen terpenting dalam penyelengaraan pendidikan, kurikulum merupakan usaha untuk mewujudkan usaha tersebut. Kurikulum sebagai rencana pendidikan, mempunyai kedudukan yang cukup sentral dalam seluruh kegiatan pendidikan. Bahkan banyak pihak menganggap bahwa kurikulum sebagai "rel" yang menentukan akan kemana pendidikan diarahkan. Kurikulum menentukan jenis dan kualitas pengetahuan serta pengalaman yang memungkinkan para lulusan memiliki wawasan yang dicita-citakan. Berangkat dari pandangan diatas, maka peneliti tertarik mengadakan penelitian tentang kurikulum yang · diterapkan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Karangasem Paciran Lamongan Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Karangasem Paciran Lamongan Jawa Timur ini bertujuan untuk mendiskrisikan bagaimana konsep dan penerapan kurikulum di Pondok Pesantren Muhammadiyah Karangasem. Dengan pendekatan dan rancangan tersebut, peneliti memperoleh beberapa temuan atau hasil penelitian sebagai berikut: 1. Prioritas dalam penerapan kurikulum secara umum diarahkan pada terwujudnya visi, misi, dan tujuan Pondok Pesantren Muhammadiyah Karangasem, dan secara khusus diarahkan pada: (1) peningkatan kualitas lulusan (out Put) diwujudkan dalam peningkatan wawasan guru terhadap ilmu pengetahuan dan penguasaan metode pengajaran (2) peningkatan kompetensi guru, (3) persiapan pemberlakuan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) 2. secara umum fiµctor pendukung penerapan kurikulum di Pondok Pesantren Muhammadiyah Karangasem adalah : (1) saran dan prasarana yang lengkap (2) komitmen guru yang tidak terlepas dari motifasi ntuk mengabdi dan beribadah kepada Allah (3) ketersediaan dana meskipun terbatas ( 4) adanya kerjasama dengan instansi terkait dan lembaga pendidikan disekitamya. Adapun faktor yang menghambat adalah oleh sebagai unit pendidikan manajement keuangan yang terpusat juga menjadi kendala, rasa memiliki komitmen terhadap guru sebagian kecil, guru terhadap lembaga. Dalam penerapan kurikulum di Pondok Pesantren Muhammadiyah Karangasem, mengikuti pola manajerial partisipatori yaitu kyai selaku pengasuh Pondok Pesantren dalam mengambil kebijakan melibatkan seluruh staf dalam perencanaan penerapan kurikulum. Hal ini di karenakan corak keperguruan cukup besar, sebab hampir semua kegiatan pendidikan diselengarakan dengan cara sekolah formal, sebagaimana layaknya perguruan Muhmmadiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Suismanto MAg
Uncontrolled Keywords: Ulul Al-Albab, Al-Qur'an, Pendidikan Islam, Pendekatan Tematis, Filosofis, Pedagogis-Kritis
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Dec 2021 14:59
Last Modified: 27 Dec 2021 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48008

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum