MAKNA QUNUT DALAM AL-QUR’AN (Studi Komparasi Tafsir Al-Kasysyaf Karya Al-Zamakhsyari dan Tafsir Al-Qur’an Al- ‘Azim Karya Ibnu Katsir)

Wasilah Fauziyyah, NIM.: 17205010024 (2019) MAKNA QUNUT DALAM AL-QUR’AN (Studi Komparasi Tafsir Al-Kasysyaf Karya Al-Zamakhsyari dan Tafsir Al-Qur’an Al- ‘Azim Karya Ibnu Katsir). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAKNA QUNUT DALAM AL-QUR’AN (Studi Komparasi Tafsir Al-Kasysyaf Karya Al-Zamakhsyari dan Tafsir Al-Qur’an Al- ‘Aẓim Karya Ibnu Katsir))
17205010024_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MAKNA QUNUT DALAM AL-QUR’AN (Studi Komparasi Tafsir Al-Kasysyaf Karya Al-Zamakhsyari dan Tafsir Al-Qur’an Al- ‘Aẓim Karya Ibnu Katsir))
17205010024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Persoalan qunut beberapa kali dibahas dalam perspektif hadis, tidak dengan kata qunut di dalam Al-Qurˈan. Padahal kata yang seakar dengan kata qunut di dalam Al-Qurˈan tercantum dalam beberapa ayat. Hal ini mengundang tanya tentang apa dan bagaimana sebenarnya makna qunut di dalam Al-Qurˈan. Oleh sebab itu, kiranya makna qunut perlu dijelaskan secara utuh agar tercipta sebuah pemahaman tentang qunūt terutama yang bersumber dari Al-Qurˈan. Dalam rangka mengkaji dan menjelaskan mengenai makna qunut dalam Al-Qurˈan, dalam penelitian ini penulis mengkomparasikan dua karya tafsir yakni Tafsir Al-Kasysyaf karya Al-Zamakhsyari dan Tafsir Al-Qur’an Al-‘Aẓim karya Ibnu Katsir. Sejumlah perbedaan terkait kondisi sosio budaya, segi konsentrasi keilmuan, perbedaan generasi, dan tipologi penafsiran yang cukup signifikan di antara Al-Zamakhsyari dan Ibnu Katsir menjadi daya tarik untuk mengkomparasikan dua karya ini dan mengetahui pandangan keduanya terhadap makna qunūt dalam Al-Qurˈan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan objek penelitian kata qunūt dalam Al-Qurˈan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analitis dengan pendekatan historis. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode muqarran (komparasi) untuk melihat persamaan maupun perbedaan penafsiran Al-Zamakhsyari dan Ibnu Katsir mengenai makna qunut dalam Al-Qurˈan, baik secara metodologi maupun hasil penafsiran. Dari penelitian ini diperoleh informasi bahwa kata qunūt dengan beragam bentuknya di dalam Al-Qurˈan secara umum memiliki arti yang sejalan dengan pengertian qunūt dalam bahasa Arab, yakni taat, patuh, tunduk, menghinakan dan merendahkan diri kepada Allah SWT, berdiri, tenang, diam, dan khusyuk. Persamaan dari Al-Zamakhsyari dan Ibnu Katsir adalah mereka sama-sama mempunyai pandangan yang sama tentang makna qunūt dalam Al-Qurˈan. Hal ini tampak dari penafsiran keduanya yang berkisar pada pengertian taat, patuh, tunduk, berdiri, tenang, diam, dan khusyuk. Sedikit perbedaan penafsiran tampak pada QS. Ali ‘Imran (3): 43. Dalam penafsiran QS. Ali ‘Imran (3): 43 tampak jelas jika Al-Zamakhsyari mengutamakan rasio atau akal (ra’yi). Hal ini sejalan dengan metodologi penafsiran Al-Zamakhsyari dalam Tafsir Al-Kasysyaf yakni lebih mengedepankan akal dibandingkan dengan naql. Secara prinsipnya, dalam ajaran Mu’tazilah, akal mempunyai otoritas tertinggi mengalahkan segala hal, sehinga pemahaman akal dapat mengalahkan dalil naql yang berupa Al-Qurˈan dan Hadis, juga Ijma’ dan Qiyas. Sedangkan Ibnu Katsir mengutip hadis sebagai penjelas dalam menafsirkan turunan kata qunut yang terdapat dalam QS. Ali ‘Imran (3): 43. Hal ini sejalan pula dengan metodologinya dalam menafsirkan ayat Al-Qurˈan yakni mencari tafsir ayat tersebut di dalam Al-Qurˈān itu sendiri, jika tidak ditemukan tafsirnya, ia berusaha menemukannya dalam hadis, atau berpegang kepada pendapat para sahabat atau para tabi’in dan tabi’ tabi’in

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Baidowi, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: perbandingan penafsiran; qunut; Ibnu Katsir
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2) > Studi al Qur'an dan Hadits
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Jan 2022 13:43
Last Modified: 06 Jan 2022 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48045

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum