KONSEP TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENURUT FAZLUR RAHMAN

Mahbub Sufyan, NIM. 98474064 (2005) KONSEP TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENURUT FAZLUR RAHMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENURUT FAZLUR RAHMAN)
98474064_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENURUT FAZLUR RAHMAN)
98474064_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Konsep transformasi pendidikan Islam yang digagas Fazlur Rahman adalah integrasi atau sintesis antara sistem pendidikan tradisionalisme dan modernisme Islam, yang mana gagasan transformatif tersebut diarahkan pada metodologi pemahaman. Dengan kata lain, gagasan transformasi peP.didikan Islam Fazlur Rahman lebih terfokus pada metodologi neomodernisme pendidikan Islam, yaitu mekanisme pembaharuan-pembaharuan atau perubahan-perubahan sistem pemikiran dan pendidikan Islam yang terfokus pada cara , pemahaman, penafs:ran, dan perumusan masalah-masalah keislaman. Metodologi tersebut yaitu; Pertama, memakai pola pendekaian historis. Kedua, merekonstruksi warisan-warisan intelektual dan pendidikan Islam klasik (pra modernis), dan mengkritisi sistem-sistem edukasi modem yang tampak sekularis. Ketiga, mengintegrasikan sistem dan ilmu pendidikan Islam tradisionalis dengan modernis dan; Keempat, adalah melakukan !itihad dengan berdasar atas al· Qur'an dan as-Sunnah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maragustam Siregar, M.A
Uncontrolled Keywords: Transformasi Pendidikan, Fazlur Rahman
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Dec 2021 14:35
Last Modified: 29 Dec 2021 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum