EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN QIRA'AH KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

Muhammad al-Hadi l, NIM. 99424203 (2006) EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN QIRA'AH KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN QIRA'AH KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
99424203_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN QIRA'AH KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
99424203_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Muhammad al-Hadi, Efektivitas Metode Sorogan Dalam Pengemoangan Kemampuan Qira'ah Kitab Kuning Di Pondok Pcsantren Nurul U111111ah. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan KaliJaga, 2006. Penelitian ini berlt(iuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan metode sorogan di l'ondok Pesantren Nurul l J1nmah SLTIU kendala-kendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode Sorogan dalam pengembangan kemampuan Qira'ah kitab kuning di Pondok Pcsantren Nurul Um mah. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif dengan mengambi'l latar belakang Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. l'cngumpulan data dilakukan dengan pcngamatan, wawancara mendall!ln, menyebar angket, dan dekomentasi. Data yang telah terkumpul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan menggunakan dua macam analisa data yaitu analisa dat1 kualitatif dan analisa kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terbadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan: ()) Penggunaan metode Sorogan sebagai metode dalam pengajara kitab kuning di Pondok pesantren Nurul Ummah sangat membantu bagi santri karena dalam ·metode ini para Asatidz dapat secura langsung me11getauhi perkembangan para santrinya. (2) Metode Sorogan sangat membantu untuk cepat membaca kitab kuning karena dalam metode tersebut para santri dituntut untuk menguasal Qawa'id, kosa kata dan memahami maksud dalam teks. (3) Mengetahui tingkat efektivitas metode sorogan dalam pengembangan qira'ah kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Ummah melaluai hasi dari ulangan para santi yang baik. Dalam penggunaa metode sorogan ada beberapa faktor penghambat yang menyebabkan santri lemah dalam membaca k itab kuning, kebar.yakan kesuiitan yang dialami yaitu dari Qawa'id, .kosa kata dan mernaharni maksud dalam teks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Nizar. Ali, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Metode Sorogan, Qira'ah, Kitab Kuning, Pondok Pesantren Nurul Ummah, Kotagede
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Dec 2021 10:25
Last Modified: 30 Dec 2021 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48071

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum