PENERAPAN ALAT-ALAT PENDIDIKAN DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA SANTRI KLAS EKSPERIMEN DI PONDOK MODERN

Eem, NIM. 99424339 (2004) PENERAPAN ALAT-ALAT PENDIDIKAN DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA SANTRI KLAS EKSPERIMEN DI PONDOK MODERN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ALAT-ALAT PENDIDIKAN DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA SANTRI KLAS EKSPERIMEN DI PONDOK MODERN)
99424339_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN ALAT-ALAT PENDIDIKAN DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA SANTRI KLAS EKSPERIMEN DI PONDOK MODERN)
99424339_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Alat-alat pendidikan non materi merupakan salah satu sistem dalam pengajaran bahasa Arab, didalam kelas alat-alat pendidikan termasuk tujuan., materi, metode dan evaluasi, yang berupa materi yang telah diterapkan oleh Pondok Pesantren Modem Daar EL-Kutub. Dalam penerapannya selalu dimulai dengan menetapkan materi dalam setiap kegiatan dalam pengajaran. Kemudian dari materi itulah dijewantahkan dalam berbagai pengembangan materi. Sedangkan bentuknnya didalam kelas meliputi : Bercakap, mutala'ah dan ta'bir muwajahah yang terdapat dalam berbagai agenda kegiatan pondok. Sedangkan alat-alat pendidikan diluar kelas termasuk pembiasan, pengawasan, perintah, larangan, ganjaran, dan hukuman., sedangkan bentuk penggunaan alat-alat pendidikan diluar kelas yaitu buku panduan berbahasa, kertas jasus, jadwal pergantian menggunakan bahasa, kartu percakapan (uslub), muhadarah, muhadasah, tata tertib. dan sanksi-sanksi. Yang ditinjau secara psikologis, dari penerapan lata-alat pendidikan tersebut menurut sebagian ahli psikologis ada yang setuju dan ada yang tidak setuju dengan penerapan lat-alat pendidikan tersebut kbusunya ganjaran dan huk:uman. Demikianlah dari hasi pembahasan skripsi ini. Dan menurut penulis pengajaran bahasa Arab yang telah dilakukan oleh guru dan segenap pengurus Pondok Modem Daar-El Kutub sudah mendekati idealisme kebaha_saan. Hanya saja dalam prakteknya, approach (pendekatan) tersebut telah mengalarni modifikasi tujuan yang sangat berpengaruh pula terhadap pencapaian tujuan untuk mencapai keseimbangan berbahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.H. Nazri Syakur M.A
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, pengajaran bahasa Arab, santri klas eksperimen, pondok modern
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2022 12:24
Last Modified: 03 Jan 2022 12:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48074

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum