BINA' AL QISSAH AL-QASIRAH "IBLIS YANTASHIRU" LI TAUFIQ AL-HAKIM (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH LEVI STRAUSS)

Cahya Nurhidayatun, NIM.: 14110070 (2021) BINA' AL QISSAH AL-QASIRAH "IBLIS YANTASHIRU" LI TAUFIQ AL-HAKIM (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH LEVI STRAUSS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BINA' AL QISSAH AL-QASIRAH "IBLIS YANTASHIRU" LI TAUFIQ AL-HAKIM (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH LEVI STRAUSS))
14110070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BINA' AL QISSAH AL-QASIRAH "IBLIS YANTASHIRU" LI TAUFIQ AL-HAKIM (DIRASAH TAHLILIYAH BINYAWIYAH LEVI STRAUSS))
14110070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini menganalisis struktur luar dan dalam yang membangun cerita, untuk menguraikan hubungan cerita dengan realitas kehidupan kepada para pembaca. teori yang dipakai adalah teori strukturalisme yang digagas oleh Levi Strauss. Peneliti tertarik untuk menganalisis cerpen ini karena ingin mengungkapkan hubungan antar unsur dengan realitas kehidupan manusia. Inti dari teori strukturalisme adalah bahwa setiap cerita mempunyai struktur luar dan struktur dalam. Struktur luar yang dimaksud adalah mengenai jalannya cerita yang bisa dicerna langsung oleh pembaca mulai dari pengenalan tokoh, pengenalan situasi, alur waktu dan lain sebagainya. Adapun yang dimaksud dengan struktur dalam adalah bahwa dalam cerita terdapat struktur yang bersangkutan dengan keadaan kehidupan sosial pada umumnya yang terjadi di suatu masyarakat. struktur dalam ini tidak bisa dilihat langsung oleh pembaca. untuk mengetahui struktur dalam, pembaca harus memahami dan membaca cerpen lebih dalam lagi, dan menghubungkannya kepada kehidupan sosial di masyarakat. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa struktur luar dari cerita ini memiliki benang merah yang menghubungkan kondisi sosial satu dengan yang lain, dan fenomena satu dengan yang lain. adapun untuk struktur dalam, peneliti menemukan bahwa cerita ini memiliki keterkaitan dengan adanya kondisi permusuhan antara yang haq dan yang bathil. Dan apa yang dialami oleh petapa adalah perbuatan yang batil, sedangkan apa yang disampaikan oleh iblis adalah perbuatan yang haq. Hasil dari penelitian ini juga memunculkan beberapa pesan moral untuk para pembaca, seperti uang bisa menjadi sumber masalah jika tidak digunakan dengan baik, bahwa masalah yang dihadapi manusia bersifat fluktuatif, terkadang turun dan terkadang naik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ridwan, S.Ag. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Struktur Dalam, Struktur Luar, Kemenangan Iblis
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2022 09:22
Last Modified: 01 Apr 2022 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum