TAMTHIL RAJULIAH AL UNTSA FI FILM WADJDAH LI HAIFA MANSOUR (DIRASAH TAHLILIYAH SIMIYA’IYYAH LI ROLAND BARTHES)

Febyanti Fadhliatul Rizqi, NIM.: 17101010058 (2021) TAMTHIL RAJULIAH AL UNTSA FI FILM WADJDAH LI HAIFA MANSOUR (DIRASAH TAHLILIYAH SIMIYA’IYYAH LI ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAMTHIL RAJULIAH AL UNTSA FI FILM WADJDAH LI HAIFA MANSOUR (DIRASAH TAHLILIYAH SIMIYA’IYYAH LI ROLAND BARTHES))
17101010058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TAMTHIL RAJULIAH AL UNTSA FI FILM WADJDAH LI HAIFA MANSOUR (DIRASAH TAHLILIYAH SIMIYA’IYYAH LI ROLAND BARTHES))
17101010058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Wadjda merupakan sebuah film Arab Saudi yang memiliki posisi penting dalam perubahan pandangan dan konstruk masyarakat patriarki Arab Saudi terhadap perempuan. Dalam bentuk film, cerita Wadjda ini menyampaikan ideologi dan pesan mengenai perempuan sebagai tokoh utama yang mendominasi, sehingga film ini berbeda dengan kebanyakan film Arab yang menggambarkan perempuan sebagai jenis kelamin kedua dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami nilai maskulinitas perempuan yang direpresentasikan dalam film Wadjda. Adapun nilai maskulinitas yang direpresentasikan dalam film hanya dibatasi dan didasarkan pada data dialog. Film Wadjda juga memiliki keistimewaan karena menampilkan perempuan yang berani mendobrak dan melawan tradisi Arab Saudi yang konservatif. Penelitian ini menggunakan konsep maskulinitas perempuan menurut Judith Halberstam dan ciri maskulinitas menurut Peter Lehman untuk mengetahui bagaimana film Wadjda mengkonstruksi perempuan. Dalam meneliti film, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini mengungkap bahwa tokoh utama perempuan dalam film Wadjda memiliki karakter maskulinitas dalam bentuk kekuasaan, keberanian, kepahlawanan, dan kepemimpinan. Penelitian ini melihat masalah ketidakadilan gender bukan semata dari perspektif feminitas sebagaimana kebanyakan penelitian mengenai perempuan, melainkan juga dalam hubungannya dengan maskulinitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mustari, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Wadjda, Maskulinitas Perempuan, Semiotika Roland Barthes.
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2022 14:25
Last Modified: 11 Apr 2022 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum