AL ‘ANASIR AL QASASIYAH FI QISSAH “AL HILM AL RAI‘”AL QASIRAH LI NAJIB AL-KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH DAKHILIYAH)

Ali Rohman, NIM.: 14110098 (2021) AL ‘ANASIR AL QASASIYAH FI QISSAH “AL HILM AL RAI‘”AL QASIRAH LI NAJIB AL-KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH DAKHILIYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL ‘ANASIR AL QASASIYAH FI QISSAH “AL HILM AL RAI‘”AL QASIRAH LI NAJIB AL-KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH DAKHILIYAH))
14110098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL ‘ANASIR AL QASASIYAH FI QISSAH “AL HILM AL RAI‘”AL QASIRAH LI NAJIB AL-KAILANI (DIRASAH TAHLILIYAH DAKHILIYAH))
14110098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Cerpen sebagai bagian dari bentuk narasi memiliki elemen-elemen yang membentuknya sebagaimana novel. Penelitian ini menjadikan cerpen “Al Hilm Al-Rai‘” yang terdapat dalam kumpulan cerpen berjudul Al-Kabus karya Najib Kailani sebagai obyek kajiannya. Fokus utama kajian ditujukan pada unsur-unsur intrinsik seperti tokoh penokohan, alur, dan tema serta hubungan antara unsurunsur intrinsik tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam menganalisis aspek internal cerpen adalah metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan, pertama tokoh dalam cerpen Al H}ilm Al-Rai‘ ada tokoh utama dan tokoh dukungan. Tokoh utama dalam cerpen ini adalah Walid, sedangkan tokoh pendukungnya ada Hamidah (istri Walid), polisi, wartawan, dan tokoh-tokoh lainnya. Tokoh Walid adalah seorang lelaki yang baik, sayang dan perhatian terhadap istrinya, dan dia juga seorang kritikus pemerintah. Tokoh Hamidah adalah istri Walid yang masih muda, penyayang namun dia agak sedikit manja dan perilakunya masih seperti anak remaja yang masih labil. Tokoh polisi, wartawan, dan yang lainnya merupakan tokoh pendukung yang muncul beberapa kali saja pada tahapan alur tertentu sebagai penambah informasi dan pendukung alur cerita. Kedua, alur (plot) dalam cerpen ini adalah alur campuran, yang mana pada tahapan awal dimulai dengan penceritaan tokoh Walid di masa kini yang sedang kalut, seorang diri, dan tidak punya keluarga. Kemudian dilanjutkan dengan penceritaan Walid di masa lalu dengan kehidupan istrinya, kehidupan di penjara, dan konflik setelahnya. Ketiga, tema cerpen “Al Hilm Al-Rai‘” ini adalah penemuan falsafah hidup seorang suami setelah adanya pengkhianatan sang istri atas cintanya. Keempat, mengenai hubungan antara tokoh penokohan, alur, dan tema. Ketiganya memiliki peran penting dalam cerpen “Al Hilm Al-Rai„”. Hubungan antara tokoh penokohan, tema dan alur saling berkaitan dan saling mendukung satu sama lain dalam membentuk satu kesatuan cerita yang unik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Khairon Nahdiyyin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Najib Kailani, Unsur Intrinsik, Al Hilm Al-Rai‘
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2022 14:44
Last Modified: 01 Apr 2022 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48113

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum