KONSELING INDIVIDU UNTUK MEMBENTUK PENYESUAIAN DIRI SANTRI MENGIKUTI PENDIDIKAN DI PPM MBS YOGYAKARTA

Rahmatan Azzahra, NIM.: 16220103 (2021) KONSELING INDIVIDU UNTUK MEMBENTUK PENYESUAIAN DIRI SANTRI MENGIKUTI PENDIDIKAN DI PPM MBS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING INDIVIDU UNTUK MEMBENTUK PENYESUAIAN DIRI SANTRI MENGIKUTI PENDIDIKAN DI PPM MBS YOGYAKARTA)
16220103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSELING INDIVIDU UNTUK MEMBENTUK PENYESUAIAN DIRI SANTRI MENGIKUTI PENDIDIKAN DI PPM MBS YOGYAKARTA)
16220103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya santri yang mengalami masalah penyesuaian diri, maka upaya untuk mengatasi masalah penyesuaian diri santri berupa layanan konseling individu, guna membantu santri mengatasi kesulitan yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahap-tahap konseling individu untuk membentuk kemampuan menyesuaikan diri santri dalam mengikuti pendidikan di PPM MBS Yogyakarta. Penelitian ini bersifat diskriptif dengan menggunakan metode kualitatif dan mendefinisikan bahwa metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik ini digunakan untuk mendiskripsikan apa adanya tentang penelitian yang peneliti lakukan. Subjek dalam penelitian adalah guru BK dan santri. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan dan metode pengumpulan data mengenai cara membentuk penyesuaian diri santri. Adapun beberapa tahapan dan metode yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada pelaksanaan konseling individual dalam membentuk penyesuaian diri santri di PPM MBS Yogyakarta melalui beberapa tahap kegiatan yaitu pertama tahap perencanaan yang melingkupi kegiatan mengidentifikasi santri, mengatur waktu pertemuan, mempersiapkan tempat dan perangkat yang akan digunakan, menetapkan fasilitas layanan dan menyiapkan kelengkapan administrasi. Kedua tahap pelaksanaan, meliputi kegiatan menerima santri, membahas masalah santri dengan menggunakan teknik-teknik, mendorong pengentasan masalah, memantapkan komitmen dan melakukan penilaian. Ketiga tahap evaluasi jangka pendek, yang dilakukan untuk melihat bantuan yang diberikan memperoleh hasil atau tidak. Keempat tahap tindak lanjut, yakni guru BK selalu memantau perkembangan santri bekerjasama dengan wali kelas dan wali kamar. Kelima tahap laporan, yaitu guru BK menyusun laporan pelaksanaan konseling dan mendokumentasikan laporan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Zaen Musyrifin, S.Sos.I M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: konseling individu; bimbingan dan konseling; santri
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jan 2022 11:19
Last Modified: 10 Jan 2022 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48163

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum