PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK MANDALA, RUBARU, SUMENEP 1995-2010 M. (STUDI PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DAN DAMPAKNYA)

Ellisa M. Sholeh, S.Hum, NIM.: 18201020001 (2021) PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK MANDALA, RUBARU, SUMENEP 1995-2010 M. (STUDI PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DAN DAMPAKNYA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK MANDALA, RUBARU, SUMENEP 1995-2010 M. (STUDI PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DAN DAMPAKNYA))
18201020001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK MANDALA, RUBARU, SUMENEP 1995-2010 M. (STUDI PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DAN DAMPAKNYA))
18201020001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya Pondok Pesantren Al-Mubarok di Desa Mandala, merupakan salah satu lembaga pendidikan pesantren modern dengan berbagai transformasi pendidikan dan pengembangan pengajaran. Sehingga menjadi sentral pengembangan pendidikan yang berbasis pesantren modern. Pesantren ini berdiri pada tahun 1995 M hingga sekarang, dan mengalami perkembangan yang cukup signifikan dengan mengikuti perkembangan zaman. Meskipun awal mula pendidikan pesantren menggunakan sistem metode sorogan dan bandongan serta melalui rujukan kitab-kitab klasik, namun pengajarannya tetap dipertahankan. Dengan perkembangannya pondok pesantren Al-Mubarok mampu menuju pada standar ideal, serta mampu bertahan di tengah maraknya pondok pesantren dan juga bisa menawarkan sekolah formal. Penelitian ini membahas dari tiga permasalahan, Pertama, Mengapa masyarakat mendorong keluarga keaji mendirikan pesantren. Kedua, Bagaimana sejarah dan perkembangan pondok pesantren Al-Mubarok. Ketiga, Bagaimana dampak pondok pesantren Al-Mubarok terhadap masyarakat Desa Mandala. Peneliti menggunakan pendekatan sejarah dengan teori ashobiyah yang dikemukakan oleh Ibnu Khaldun bahwa dalam kehidupan masyarakat baik secara individu maupun kelompok mempunyai kesadaran solidaritas yang lahir dari hati nalurinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pesantren Al-Mubarok tidak lepas dari berbagai faktor yang melatar belakangi berdirinya pesantren, yaitu faktor agama, sosial-budaya dan ekonomi. Pesantren Al-Mubarok dirintis oleh KH. Fathorrahman. Pesantren ini juga memiliki peran penting dalam mendorong atas perubahan sosial keagamaan dan pendidikan di Mandala serta sebagai penggerak dalam perekonomian masyarakat dan pelestari tradisi keagamaan. Periode perkembangan pesantren terjadi setelah adanya sistem pendidikan formal dan telah memiliki tingkat jenjang Ibtida’iyah, Tsanawiyah dan Aliyah. Sehingga pesantren memberikan dampak terhadap Lembaga, santri dan masyarakat, serta membentuk pribadi yang memiliki akhlaq al karimah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Badrun Alaena, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pesantren Modern, Keaji, Solidaritas Sosial
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Pendidikan Islam (Pesantren)
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Peradaban Islam/SPI (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Jan 2022 15:47
Last Modified: 07 Jan 2022 15:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48184

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum