AL ASALIB AL MAJAZIYAH FI QASIDAH AL MUNFARIJAH LI YUSUF BIN MUHAMMAD AT TAUZARY DIRASAH TAHLILIYAH BALAGHIYAH

Muhammad Fajar Tafuzi, NIM.: 17101010069 (2021) AL ASALIB AL MAJAZIYAH FI QASIDAH AL MUNFARIJAH LI YUSUF BIN MUHAMMAD AT TAUZARY DIRASAH TAHLILIYAH BALAGHIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL ASALIB AL MAJAZIYAH FI QASIDAH AL MUNFARIJAH LI YUSUF BIN MUHAMMAD AT TAUZARY DIRASAH TAHLILIYAH BALAGHIYAH)
17101010069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL ASALIB AL MAJAZIYAH FI QASIDAH AL MUNFARIJAH LI YUSUF BIN MUHAMMAD AT TAUZARY DIRASAH TAHLILIYAH BALAGHIYAH)
17101010069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Qasidah Munfarijah Imam At Tauzary merupakan salah satu qasidah yang terkenal di indonesia terutama dikalangan pesantren salaf yang sering dibacakan pada hari-hari tertentu. Qasidah ini ditulis oleh Syaikh Yusuf bin Muhammad At Tauzary dengan jumlah 48 bait. Di dalamnya berisi tentang curahan hati pengarang serta pujian dan solawat kepada Nabi Muhammad dan sahabat-sahabat beliau. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh seringnya pembacaan qasidah ini dikalangan pesantren hingga sampai menjadi sebuah kegiatan rutin, dan kedua qasidah ini sendiri menggunakan bahasa dan susunan yang sangat rapi dan mengesankan. Sehingga penulis menemukan rumusan masalah sebagai berikut. 1. Apa saja Uslub Majaz yang ditemukan dalam Qasidah Munfarijah Imam At Tauzary?, 2. Apa saja macam alaqah atau qarinah Majaz yang ditemukan dalam Qasidah ini?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan objek material Qasidah Munfarijah Imam At Tauzary. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil dari berbagai literatur yang ada dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Penulis menggunakan teori Ilmu Bayan untuk menganalisis uslub uslub Majaz dalam Qasidah Munfarijah Imam At Tauzary. Di dalam Ilmu Bayan, terdapat Tasybih, Majaz dan Kinayah, Majaz adalah penggunaan lafadz pada bukan makna sebenarnya, didalamnya terdapat Majaz mursal, Majaz Aqly, dan juga Isti‟arah. Hasil dari penelitian yaitu di dalam qasidahnya terdapat tiga belas Majaz Mursal dengan Alaqah Musababiyah 5 kalimat, Alaqah Sababiyah 1 kalimat, alaqah Juz‟iyyah 3 kalimat, Alaqah Kulliyah 1 kalimat, Alaqah I‟tibar Ma Yakun 2 kalimat,Alaqah Makaniyah 1 Kalimat. Kemudian terdapat 2 Majaz Aqly dengan Alaqah Juz‟iyyah 1 kalimat, Alaqah Mahaliyah 1 kalimat. Kemudian terdapat 11 Isti‟arah, dengan 5 Isti‟arah Tashrihiyyah dan 6 Isti‟arah makaniyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Mardjoko Idris, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Qasidah Al Munfarijah, Ilmu Bayan, Majaz.
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 09:09
Last Modified: 10 Jan 2022 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum