AL-ILAL WA AL-IBDAL FI KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM LI SYAIKH AZ-ZARNUJI (DIRASAH TAHLILIYYAH SHARFIYAH)

Arin Faridatul Azma, NIM.: 19201012008 (2021) AL-ILAL WA AL-IBDAL FI KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM LI SYAIKH AZ-ZARNUJI (DIRASAH TAHLILIYYAH SHARFIYAH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL-ILAL WA AL-IBDAL FI KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM LI SYAIKH AZ-ZARNUJI (DIRASAH TAHLILIYYAH SHARFIYAH))
19201012008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AL-ILAL WA AL-IBDAL FI KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM LI SYAIKH AZ-ZARNUJI (DIRASAH TAHLILIYYAH SHARFIYAH))
19201012008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

: 19201012008Dalam bahasa Arab huruf terbagi menjadi dua, yaitu: huruf sahih dan huruf ‘illat. Masing-masing huruf memiliki karakteristik tersendiri. Salah satu karakteristik huruf ‘illat sulit diucapkan pada saat tertentu, misalnya huruf ya’ sukun yang sulit diucapkan ketika jatuh setelah harakat dammah atau huruf ‘illat yang jatuh setelah alif tambahan berubah menjadi hamzah. Kesulitan pengucapan ini memunculkan kaidah-kaidah perubahan pada kata tersebut dan hal demikian menimbulkan adanya keringanan dalam pengucapannya. Dalam hal ini, kaidah yang membahas mengenai perubahan tersebut disebut i’lāl. Ibdal adalah membuang suatu huruf dan menempatkan huruf lain ditempatnya. Ibdal itu sama seperti i’lāl. Maksudnya masing-masing dari ibdal maupun i’lāl telah terjadi adanya merubah tempatnya suatu huruf. Hanya saja dalam i’lāl yang menjadi sasaran adalah huruf ‘illat, artinya huruf ‘illat yang satu mengganti tempatnya huruf ‘illat yang lain. Sedangkan dalam ibdal yang menjadi objeknya adalah huruf ‘illat maupun huruf shahih. Artinya menempatkan huruf shahih ditempatnya huruf ‘illat sebagai gantinya atau menempatkan suatu huruf shahih ditempat huruf shahih yang lain. I’lāl dan Ibdal merupakan pembelajaran yang penting yang harus dikuasai dalam mempelajari bahasa Arab. Maka, apabila tidak menguasai i’lāl dan Ibdal akan menyebabkan kesulitan tersendiri dalam mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu, penulis mengangkat judul I’lāl dan Ibdal dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Karya Syaikh Az-Zarnuji (Studi Analisis Morfologi), dikarenakan dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim peneliti menemukan banyaknya lafadz yang mengalami peng-i’lāl-an dan peng-ibdal-an di dalam kitab tersebut. Selain itu, masih banyak orang yang salah dalam memahami suatu lafadz disebabkan karena kurangnya pengetahuan mereka dalam mengetahui asal dari suatu lafadz tersebut, karena dalam bahasa Arab perbedaan satu huruf saja sangat berpengaruh. Adapun alasan peneliti memilih kitab Ta’lim al-Muta’allim sebagai objeknya karena kitab Ta’lim al-Muta’allim merupakan salah satu kitab yang mengandung pesan moral yang berkaitan dengan ajaran Islam berupa moral atau etika Islam. Syaikh Az-Zarnuji menggunakan media penyampaian pesan-pesan moral dalam Islam, salah satunya menggunakan kitab Ta’lim al-Muta’allim. Kitab ini mengandung banyak sekali hikmah atau pesan moral yang dapat dipetik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang diangkat dalam tesis ini, yaitu: 1) Bagaimana bentuk lafadz yang mengandung I’lāl dan Ibdal dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Syaikh Az-Zarnuji? 2) Bagaimana proses analisis I’lāl dan Ibdal dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Syaikh Az-Zarnuji? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah disiplin ilmu sharaf khususnya pada pembahasan i’lāl dan Ibdal dengan menggunakan metode kuantitatif. Dari penelitian berdasarkan analisis, peneliti menemukan 637 kata yang mengalami peng-i’lal-an dan peng-ibdal-an, dengan rincian; i’lal bi al-hadf 78 kalimat dengan pembagian 32 kata, i’lal bi al-qalb 374 kalimat dengan pembagian qalb wawu alifan 216 kalimat terbagi atas 21 kata, qalb ya’ alifan 129 kalimat terbagi atas 30 kata, qalb wawu ya’an 9 kalimat terbagi atas 2 kata, wazan fa’lā wa fu’lā al-mu’talatā al-lām 20 kalimat terbagi atas 2 kata, i’lal bi at-taskin 145 kalimat terbagi atas 48 kata, i’lal hamzah 13 kalimat terbagi atas 6 kata, dan ibdal 27 kalimat terbagi atas 7 kata.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr.H. Mohammad Pribadi, M.A.M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kitab Ta’lim Al-Muta’allim _Sarfiyah_I’lāl Dan Ibdal
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 09:23
Last Modified: 10 Jan 2022 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48192

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum