RESPON CALON JEMAAH HAJI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI AISYIYAH YOGYAKARTA YANG BATAL BERANGKAT KARENA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021

Rizka Septianingsih, NIM.: 14240042 (2021) RESPON CALON JEMAAH HAJI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI AISYIYAH YOGYAKARTA YANG BATAL BERANGKAT KARENA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPON CALON JEMAAH HAJI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI AISYIYAH YOGYAKARTA YANG BATAL BERANGKAT KARENA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021)
14240042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RESPON CALON JEMAAH HAJI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI AISYIYAH YOGYAKARTA YANG BATAL BERANGKAT KARENA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021)
14240042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan ibadah haji Tahun 2020-2021 tidak dapat dilaksanakan seperti biasanya. Hal ini dikarenakan adanya wabah dunia yang terjadi yaitu Covid-19. Fenomena ini mengakibatkan banyak dampak yang timbul dalam berbagai sektor yang ada di Indonesia, salah satunya bidang haji dan umrah. Pandemi ini mengakibatkan penyelenggaraan Ibadah Haji dibatalkan untuk sementara waktu sesuai dengan keputusan Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 494 Tahun 2020. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk memperjelas bagaimana sikap yang diterima oleh calon jemaah haji yang batal berangkat akibat pandemi covid-19 di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2021. Penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian adalah calon jemaah haji Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Aisyiyah Yogyakarta dan objek penelitiannya adalah respon yang diterima oleh calon jemaah haji yang batal berangkat karena pandemi Covid-19. Kemudian analisis data yang dilakukan dengan mengumpulkan data, mengklarifikasi data dan menyajikan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas respon calon jemaah haji menerima dengan ikhlas dan sabar atas keputusan yang diberikan oleh pemerintah karena bagi jemaah sesuatu terjadi pasti sudah ditetapkan oleh Allah SWT dan akan ada hikmah yang dapat diambil dari pandemi Covid-19 ini. Namun, beberapa calon jemaah haji juga memberikan respon negatif akibat pembatalan ini. Dampak negatif yang dirasakan oleh beberapa calon jemaah haji diantaranya adalah perasaan khawatir tidak bisa melaksanakan ibadah haji di masa mendatang, tidak bisa memenuhi harapan orang tua, dan habis masa berlaku paspor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M.Toriq Nurdiansyah, S.Ag M.Si
Uncontrolled Keywords: Respon, Jemaah Haji, KBIH, Covid-19
Subjects: Covid-19
Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 11:15
Last Modified: 10 Jan 2022 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48209

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum