PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI PROGRAM GEMA RAMADHAN YAYASAN KODAMA DI DESA PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Luqman Fais Maulana, NIM.: 15230014 (2021) PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI PROGRAM GEMA RAMADHAN YAYASAN KODAMA DI DESA PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI PROGRAM GEMA RAMADHAN YAYASAN KODAMA DI DESA PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
15230014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI PROGRAM GEMA RAMADHAN YAYASAN KODAMA DI DESA PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
15230014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Setiap tahun ribuan santri lulus dari pondok pesantren. Mereka merupakan orang-orang yang sudah mempunyai bekal pengetahuan yang banyak mengenai agama. Setelah lulus santri diharapkan dapat berdakwah di masyarakat. Namun ada saja santri yang belum siap untuk terjun ke masyarakat secara langsung. Potensi pengetahuan agama santri yang besar, namun belum mempu untuk mempraktikan ilmu dakwahnya inilah yang menjadi kajian pemberdayaan santri di Yayasan Kodama melalui Program Gema Romadhon. Pemberdayaan santri merupakan cara untuk mewujudkan dan melahirkan sumber daya santri yang kompeten dan mampu mempraktikan ilmunya di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan hasil pemberdayaan santri yang dilakukan oleh Yayasan KODAMA Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berjenis kualitatif dengan paparan yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah panitia Progam Gema Ramadhan, pendamping Progam Gema Ramadhan, pengurus Yayasan KODAMA dan juga santri yang mengikuti Program Gema Ramadhan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk membaca data adalah teori strategi pemberdayaan dari Wrihatnolo. Validasi data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat strategi yang digunakan Yayasan KODAMA untuk memberdayakan santri dalam Program Gema Ramadhan, yaitu (1) Pelatihan dai, khususnya dalam membuat perencanaan dan dakwah di kalangan anak-anak, (2) Pemberian daya berupa pemberian buku saku pegangan da’I dan uang bensin, (3) Pendistribusian da’i sebagai khatib dan imam sholat di beberapa masjid, dan (4) Monitoring serta kontroling kegiatan. Hasil pemberdayaan santri menjadikan santri (1) bertambahnya wawasan pengetahuan dan pengalaman santri dalam berdakwah, (2) dapat menjadi media aktualisasi potensi para santri, (3) terbentuknya mental santri yang tangguh, dan (4) Santri lebih terampil dalam berdakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya S, Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemberdaan, Santri, Program Gema Ramadhan, KODAMA
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 13:08
Last Modified: 10 Jan 2022 13:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48214

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum