PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN WISATA SELOPAMIORO ADVENTURES PARK (SPARK) DI DESA SELOPAMIORO KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

Rahayu Rista Astari, NIM.: 15250036 (2021) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN WISATA SELOPAMIORO ADVENTURES PARK (SPARK) DI DESA SELOPAMIORO KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN WISATA SELOPAMIORO ADVENTURES PARK (SPARK) DI DESA SELOPAMIORO KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA)
15250036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN WISATA SELOPAMIORO ADVENTURES PARK (SPARK) DI DESA SELOPAMIORO KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA)
15250036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Upaya pemberdayaan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan dilakukan melalui berbagai program, salah satunya melalui sektor pariwisata. Pengembangan wisata dengan melibatkan masyarakat lokal ini menjadi menarik untuk diteliti karena masyarakat merintisnya melalui inisiatif dengan memanfaatkan potensi alam yang ada. Seperti di Desa Selopamioro Imogiri Bantul yang memanfaatkan kanampakan alam topografi aliran sungai Oya yang dikelilingi gugusan bukit serasa seperti Grand Canyon versi Bantul. Ditambah dengan pesona jembatan kuning yang menjadi ikon pada saat itu, melihat potensi yang ada masyarakat Desa Selopamioro melakukan pengembangan mewujudkan wisata SPARK dikenal masyarakat luas. Berdasarkan realita tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat Desa Selopamioro dalam mengembangkan wisata SPARK, serta faktor pendukung dan penghambat selama proses pemberdayaan. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang Pemerintah Desa Selopamioro, 3 orang pengurus Pokdarwis Selo Bakti Manunggal Desa Selopamioro, 2 orang pelaku usaha warung SPARK, serta 1 orang penjaga parkir wisata SPARK. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti memakai teknik triangulasi sumber. Menurut hasil penilitian, menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan wisata Selopamioro Adventures Park di Desa Selopamioro, melalui tiga tahapan yakni penyadaran melalui sosialisasi, pengadaan event wisata, roadshow wisata ke beberapa dusun dan pembuatan wisata awalan oleh pokdarwis. Tahap pengkapasitasan melalui beberapa pelatihan peningkatan skill untuk pemandu, pengelola, serta pokdarwis, dan pendayaan masyarakat dengan memberikan kesempatan masyarakat untuk dapat mengelola dan mengembangkan wisata dengan berbagai potensinya, dengan pembebasan inovasi dan kreasi dari masyarakat, dukungan dari Kemendes dan pemerintah setempat dana hibah berupa kelengkapan penunjang wisata. Faktor pendukung dalam pemberdayaan meliputi potensi alam yang mendukung untuk dikembangkan menjadi wisata, tingginya semangat dari anggota Pokdarwis mengajak warga berdaya mengembangkan wisata, serta adanya dukungan dari Kemendes dan instansi-instansi terkait yang telah ikut andil dalam pengembangan wisata. Faktor penghambat meliputi jalan yang rusak akibat adanya bencana alam, pelibatan masyarakat yang cukup sulit pada awal pengembangan, serta akses internet yang cukup sulit di kawasan wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Asep Jahidin, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Wisata SPARK, Pengembangan
Subjects: Industri Pariwisata
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 13:13
Last Modified: 10 Jan 2022 13:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48216

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum