PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

Ardhani Akhmad, NIM. 03410057 (2006) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
03410057-01_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
03410057-01_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (715kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN Pakem pada tahun ajaran 2005/2006 sejumlah 143 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview, dan angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan analisis reliabilitas dengan bantuan komputer program SPSS. Hasil analisis validitas dan reliabilitas menuajukan bahwa angket yang be1jumlah 35 butir semuanya valid dan reliabel. Analisis da,·a dalam skripsi ini menggunakan analisis' regresi, dan analisi varian (ANA VA). Hasil penelitian menunjukkan : I) Siswa MAN Pakem memiliki gaya belnjar yang beragam, yaitu gaya belajar visual sebanyak 53, 73 persen, gaya belajar auditorial sebanyrk 19,40 persen, gaya belajar kinestetik sebanyak 26,86 persen.2) berdasarkan anali ,ia regresi koefisien determinasi (R2) sebesar 5,3 persen artinya Gaya belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 5,3 persen terhadap variasi prestasi belajar fiqih. Berarti 94, 7 persen ditentukan oleh variabel lain. Koefisien korelasi (r) = 0,230, dan Signifikansi = 0,008 artinya gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar fiqih. Hal ini memberikan arti bahwa gaya belajar berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar atau dengan kata lain gaya belajar mempengaruhi prestasi belajar fiqih siswa. 3) Berdasarkan penghitungan data dengan menggunakan program SPSS diperoleh nilai F hitung sebesar 5,103 dengan harga p 0,007, oleh karena harga p < 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara variabel gaya belajar dengan variabel prestasi belajar fiqih. 4) Dalam hasil uji lanjut prestasi belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial menghasilkan signifikansi (p) sebesar 0,010. Oleh karena p < 0,05 ma'rn dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan yang me.niliki gaya belajar auditorial. 5) Uji beda antara prestasi belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual dan kinestetik menghasilkan signifikansi (p) sebesar 0,997. Oleh karena p > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan yang memiliki gaya belajar kinestetik. 6) Uji beda antara prestasi belajar siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan kinestetik menghasilkan signifikansi (p) sebesar 0,031. Oleh- karena p < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa yang mcmiliki gaya bclajar visual dcngan yang mcmiliki gaya bclajar kinestetik. Dari fakta ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar fiqih siswa MAN Pakem Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. .Drs. Tasman Hamami, M.A
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Gaya Belajar, Prestasi Belajar Fiqih, Siswa MAN Pakem Sleman, Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Jan 2022 13:17
Last Modified: 10 Jan 2022 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48219

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum