PENDIDIKAN HUMANISTIK DAN APLIKASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB:TELAAH ATAS PEMIKIRAN PAULO FREIRE

Nanang Khoirudin, NIM. 99424344 (2005) PENDIDIKAN HUMANISTIK DAN APLIKASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB:TELAAH ATAS PEMIKIRAN PAULO FREIRE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN HUMANISTIK DAN APLIKASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB:TELAAH ATAS PEMIKIRAN PAULO FREIRE)
99424434_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN HUMANISTIK DAN APLIKASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB:TELAAH ATAS PEMIKIRAN PAULO FREIRE)
99424434_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Konsep pemikiran Paulo Freire tentang pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran secara eksplisit menggambarkan situasi proses pembelajaran yang membebaskan, edukatif, dialogis, kritis dan demokratis, yang akan menuju pada suatu formulasi yaitu sebuab pendidikan humanistik yang bertumpu di atas konsep _!.itrab manusia. Di mana menurut Freire, fitrah manusia sejati adalab sebagai subyek. Konsekuensi Iogisnya adalab babwa manusia mempunyai kebebasan untuk bereksistensi dalam mewujudkan potensi-potensi yang ada di dalam diri mereka. Pada akhimya pendidikan humanistik di atas dijadikan sebagai pendekatan alternatif dalam proses pembelajaran babasa Arab. Pandangan tentang pendidikan humanistik ini memberi poin-poin fundamental yang mutlak diperhatikan dalam seluruh proses dan perubaban dunia pendidikan yaitu kebebasan, kesadaran, harga diri, rasa tanggung jawab, otonomi, hak dan kebutuhan untuk mengetahui dan memahami, realisasi diri, relasi manusiawi hingga ke persoalan mencapai puncak keutuhan diri manusia Pandangan ini mendefinisikan kembali tujuan hakiki pendidikan sebagai suatu proses holistis membantu manusia untuk bertumbuh dan berkembang mencapai kepenuhan dan keutuhan diri yang disebut the ultimate self Seluruh pendidikan yang dilakukan semestinya bertujuan agar manusia menjadi Iebih manusiawi melalui proses aktualisasi dan ekspresi holistis seluruh potensi khas setiap individu sehingga dia mencapai keutuhan dirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Achmad Warid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Humanistik, Proses Pembelajaran, Bahasa Arab, Pemikiran Paulo Freire
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Jan 2022 13:17
Last Modified: 10 Jan 2022 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum