MANAJEMEN REHABILITASI SOSIAL DI BALAI REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS MENTAL “MARGO LARAS” PATI

Nia Irsanita, NIM.: 16250061 (2021) MANAJEMEN REHABILITASI SOSIAL DI BALAI REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS MENTAL “MARGO LARAS” PATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN REHABILITASI SOSIAL DI BALAI REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS MENTAL “MARGO LARAS” PATI)
16250061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN REHABILITASI SOSIAL DI BALAI REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS MENTAL “MARGO LARAS” PATI)
16250061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Setiap tahun jumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) semakin bertambah, hal ini tentunya membutuhkan pelayanan yang khusus. Terdapat 3 fase yang dialami ODGJ yaitu fase akut, stebilisasi dan pemeliharaan, yang masing-masing fase mempunyai pelayanan tersendiri. Salah satu lembaga sosial yang dimiliki oleh pemerintah yang berfokus pada pelayanan ODGJ fase Pemeliharaan dengan memberikan pendampingan dan pelayanan rehabilitasi yaitu Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental “Margo Laras” di Pati. Sebagai unit pelaksana teknis yang berada dibawah Pemerintah, BRSPDM “Margo Laras” di Pati, lembaga tersebut harus bertanggung jawab kepada pemerintah dalam memberikan pelayanan rehabilitasi sosial. Oleh karena itu, diperlukan sistem pengelolaan yang tepat dan tersetruktur dalam memberikan pelayanan rehabilitasi sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen rehabilitsi sosial di BRSPDM “Margo Laras” di Pati. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Manajemen Luther Gullick dan teori Rehabilitasi Sosial. Sedangkan metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen rehabilitasi sosial di BRSPDM “Margo Laras” di Pati telah dilaksanakan dengan cukup baik, dalam melakukan usahanya untuk mengembalikan fungsi sosial untuk penerima manfaat dengan memberikan program-program yang bervariatif. Manajemen yang dilakukan adalah Perencanaan, pengorganisasian, penyusunan pegawai, pembinaan kerja, pengkoordinasian, pelaporan dan penganggaran. Adapun faktor penghambat dari pelayanan berupa Penerima Manfaat yang tidak kooperatif, kurangnya penerimaan keluarga “PM” dan Stigma Masyarakat. Faktor pendukung pelayanan adalah Kerjasama Tim yang baik, sarana dan prasarana tercukupi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Solechah, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Rehabilitasi Sosial, BPRSPDM Margo Laras Pati
Subjects: Kesejahteraan Sosial
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 13:27
Last Modified: 10 Jan 2022 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48233

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum