PERANAN LEMBAGA FILANTROPI DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DIKABUPATEN KEBUMEN (STUDI KASUS PADA LAZISNU KABUPATEN KEBUMEN)

Kalim Syaeful Fajri, NIM.: 16250088 (2021) PERANAN LEMBAGA FILANTROPI DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DIKABUPATEN KEBUMEN (STUDI KASUS PADA LAZISNU KABUPATEN KEBUMEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN LEMBAGA FILANTROPI DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DIKABUPATEN KEBUMEN (STUDI KASUS PADA LAZISNU KABUPATEN KEBUMEN))
16250088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERANAN LEMBAGA FILANTROPI DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DIKABUPATEN KEBUMEN (STUDI KASUS PADA LAZISNU KABUPATEN KEBUMEN))
16250088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang tingkat kemiskinan menjadi problem utama setiap negara terutama Negara Indonesia. Angka kemiskinan di Indonesia salah satunya di Provinsi Jawa Tengah mengalami peningkatan. Hal tesebut menjadi perhatian yang serius. Sedangkan angka kemiskinan dengan jumlah paling tinggi yaitu Kabupaten Kebumen. Tujuan penelitian ini adalan untuk menggambarkan peran LAZISNU Kebumen dalam penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kebumen. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dari penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 1 Direktur LazisNU Kebumen, 1 Wakil Ketua LazisNU Kebumen, 1 Wakil Sekertaris LazisNu Kebumen, 1 pedagang sayur keliling sebagai penerima manfaat dari program LazisNU Kebumen, dan 1 pedagang sate sebagai penerima manfaat dari program LazisNU Kebumen. Objek penelitian ini adalah peran LazisNU dalam menanggulangi kemiskinan. Penelitian ini menggunakan teori yang berkaitan tentang kemiskinan dan filantropi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LazisNU telah berperan dalam upaya penanggulan kemiskinan di Kabupaten Kebumen. Dana yang telah dikumpulkan melalui GENUK, infaq, shadaqah, Koin NU, dan zakat digunakan untuk program-program penanggulangan kemiskinan. Program tersebut berupa bantuan-bantuan sembako, terdampak covid-19, anak yatim, jompo, makanan jumat berkah, ambulan gratis, serta penunjang pendidikan. Selain itu pengadaan program yang memberdayakan berupa bantuan gerobak untuk UMKM dan pelatihan-pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Filantropi, LazisNU Kebumen
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Hukum Islam > Zakat
Islam dan Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 13:35
Last Modified: 10 Jan 2022 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48235

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum