PENGARUH KREDIBILITAS TGB TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN MAHASISWA MDQH NW PANCOR DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Evi Pebriana, NIM.: 17102010002 (2021) PENGARUH KREDIBILITAS TGB TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN MAHASISWA MDQH NW PANCOR DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KREDIBILITAS TGB TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN MAHASISWA MDQH NW PANCOR DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19)
17102010002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KREDIBILITAS TGB TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN MAHASISWA MDQH NW PANCOR DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19)
17102010002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi ancaman serius bagi dunia termasuk Indonesia. Kemunculannya pada akhir 2019 lalu membawa dampak yang sangat signifikan bagi setiap aspek kehidupan terutama kesehatan, ekonomi, pendidikan dan lain-lain. Oleh karena itu Pemerintah dalam hal ini telah membuat aturan dalam rangka mencegah penularan virus Covid-19, yakni dengan cara mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku seperti memakai masker, menjaga jarak ,menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas. Namun demikian, adanya aturan tersebut menjadikan masyarakat takut bahkan ada juga sebagian masyarakat yang tidak percaya terhadap adanya Covid-19 yang telah menelan banyak korban jiwa tersebut. Melihat fenomena tersebut, TGB selaku tokoh agama yang dikenal luas di masyarakat Lombok menjadi salah satu orang yang gencar mendakwahkan tentang penerapan protokol kesehatan khususnya di Ma‘had Daarul Qur‘an Wal Hadits Nahdlatul Wathon (MDQH NW) Pancor. Adapun TGB melakukan ceramah secara langsung dan juga melalui social medianya. Berdasarkan hal tersebut, apakah TGB yang merupakan tokoh agama yang dikenal masyarakat khsusnya Mahasiswa MDQH NW Pancor mampu mempengaruhi kepatuhan Mahasiswa MDQH NW Pancor dalam menerapkan protokol kesehatan di masa pandemic Covid-19? Peneliti dalam hal ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teori kredibilitas sumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Adapun teknik analisis data menggunakan non parametric. Hasil hipotesis yang diukur dengan menggunakan statistic non parametric yakni uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat nilai signifikansi sebesar 0,000, dan nilai tersebut lebih kecil dari 0,05, yang berarti bahwa terdapat pengaruh kredibilitas TGB terhadap keputusan Mahasiswa MDQH NW Pancor dalam Menerapkan Protokol Kesehatan (Hipotesis diterima). Dengan demikian, Kredibilitas TGB dari segi Keterpercayaan (trustworthiness, Keahlian (expertise), dan Daya Tarik (attractiveness) terbukti berpengaruh terhadap kepatuhan Mahasiswa MDQH NW Pancor Dalam menerapkan protokol kesehatan. Dimana protokol kesehatan yang dimaksud berupa anjuran pemerintah yakni 5 M (Mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumuman, dan mengurangi mobilitas) yang dianjurkan pemerintah dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Musthofa, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas TGB, Kepatuhan, Protokol Kesehatan, Mahasiswa MDQH NW Pancor
Subjects: Biografi Tokoh
Covid-19
Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 13:38
Last Modified: 10 Jan 2022 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48236

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum