HUBUNGAN KEPUASAN MENGAKSES BERITA DENGAN MINAT MEMBACA (STUDI PADA DIGITAL NATIVES MUSLIM PELANGGAN MEDIA NEWSLETTER CATCH ME UP!)

Laili Zain Damaika, NIM.: 17102010032 (2021) HUBUNGAN KEPUASAN MENGAKSES BERITA DENGAN MINAT MEMBACA (STUDI PADA DIGITAL NATIVES MUSLIM PELANGGAN MEDIA NEWSLETTER CATCH ME UP!). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEPUASAN MENGAKSES BERITA DENGAN MINAT MEMBACA (STUDI PADA DIGITAL NATIVES MUSLIM PELANGGAN MEDIA NEWSLETTER CATCH ME UP!))
17102010032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEPUASAN MENGAKSES BERITA DENGAN MINAT MEMBACA (STUDI PADA DIGITAL NATIVES MUSLIM PELANGGAN MEDIA NEWSLETTER CATCH ME UP!))
17102010032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya beragam fitur kreatif di tengah mejamurnya portal berita online tidak sepenuhnya menjadi alasan individu memilih sebuah media. Kepuasan akan ekspektasi dan pemenuhan kebutuhan turut berpengaruh besar pada penentuan penggunaan media sebagai sumber informasi. Pada penelitian ini, kepuasan meliputi Gratifications Sought (GS) dan Gratifications Obtained (GO) dihubungkan pada efek yang tercipta yakni minat membaca bagi pelanggan newsletter Catch Me Up! kategori generasi digital natives muslim. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications yang digagas oleh McQuail sebagai landasan dan mengikuti kerangka pendekatan kuantitatif metode korelasional. Teknik pengumpulan data merupakan purposive sampling melalui kuesioner (angket) daring yang disebar melalui sosial media Instagram dan Twitter. Perhitungan rumus Lemeshow menghasilkan sampel penelitian minimal 96 orang dan terpenuhi sebanyak 282 responden. Uji validitas berpedoman pada rumus corrected item total correlation Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach melalui aplikasi IBM SPSS Statistics. ver. 26. Hasil analisis rumus Spearman’s rho menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,681 untuk hubungan gratifications sought dan minat membaca, sedangkan 0,694 untuk hubungan gratifications obtained dengan minat membaca. Nilai tersebut menunjukkan hubungan pada tingkat sangat erat antara kepuasan mengakses berita dengan minat membaca pelanggan digital natives muslim newsletter Catch Me Up!. Korelasi antar dua variabel menghasilkan kesimpulan bahwa hipotesis penelitian (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nanang Mizwar Hasyim, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Mengakses Berita, Minat Membaca, Teori Uses And Gratifications
Subjects: Penyiaran Islam
Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 13:53
Last Modified: 10 Jan 2022 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48241

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum