STUDI KOMPARATIF TAHAPAN BIMBINGAN PRANIKAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA SIDOARJO DAN GKI (GEREJA KRISTEN INDONESIA) SIDOARJO

Nur Aini Khilsilatul Alam Tari, NIM.: 17102020052 (2021) STUDI KOMPARATIF TAHAPAN BIMBINGAN PRANIKAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA SIDOARJO DAN GKI (GEREJA KRISTEN INDONESIA) SIDOARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARATIF TAHAPAN BIMBINGAN PRANIKAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA SIDOARJO DAN GKI (GEREJA KRISTEN INDONESIA) SIDOARJO)
17102020052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARATIF TAHAPAN BIMBINGAN PRANIKAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA SIDOARJO DAN GKI (GEREJA KRISTEN INDONESIA) SIDOARJO)
17102020052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai umat Islam disunnahkan untuk menikah sesuai yang Rasulullah SAW telah ajarkan kepada umat dan para sahabat. Pernikahan adalah salah satu ibadah yang Allah rahmati sekaligus menyempurnakan separuh agama dan memperbanyak keturunan. Tidak hanya itu pernikahan juga menghindarkan dari perbuatan haram yaitu zina. Namun apa jadinya apabila pernikahan yang suci dan berlandaskan ibadah tidak disertai bekal untuk berjalan bersama menapaki kehidupan berumahtangga. Penelitian ini berfokus pada tahapan bimbingan pranikah yang diberikan oleh Kementerian Agama Sidoarjo dan GKI Sidoarjo. Tujuan penelitian adalah mengetahui tahapan Bimbingan Pranikah di Kantor Kementerian Agama Sidoarjo dan GKI Sidoarjo kepada calon pengantin. Subjek penelitian ini yaitu kepala seksi Bimas Islam, staff bagian keluarga sakinah Bimas Islam, fasilitator bimbingan pranikah, pendeta gereja, staff administrasi pemberkatan pernikahan dan tiga pasangan pengantin yang telah mengikuti bimbingan pranikah. Jenis penelitian yang dilakukan yakni penelitian kualitatif yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik yang kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan dan persamaan bimbingan pranikah di Kantor Kementerian Agama Sidoarjo dan GKI Sidoarjo. Perbedaan antara kedua instansi di atas yaitu lama waktu pelaksanaan bimbingan dan pelaksanaan bimbingan. Adapun persamaan pada kedua instansi tersebut yakni tahapan dan metode yang digunakan dalam bimbingan menggunakan bimbingan kelompok. Terdapat enam tahapan bimbingan pranikah di Kantor Kementerian Agama Sidoarjo dan GKI Sidoarjo antara lain tahap persiapan; tahap keterlibatan; tahap menyatakan masalah; tahap konferensi; tahap interaksi; serta tahap akhir dan penutup. Ada salah satu tahap yang tidak muncul dalam proses bimbingan pranikah di Kantor Kementerian Agama Sidoarjo dan GKI Sidoarjo yaitu tahap penentuan tujuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Irsyadunnas, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Studi Komparatif, Tahapan Bimbingan Pranikah
Subjects: Agama Kristen (Christianity)
Islam
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Bimbingan Perkawinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 15:16
Last Modified: 10 Jan 2022 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum