BIMBINGAN PRANIKAH UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE CALON PENGANTIN DI KUA KECAMATAN TANJUNG BREBES JAWA TENGAH

Tamala, NIM.: 17102020072 (2021) BIMBINGAN PRANIKAH UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE CALON PENGANTIN DI KUA KECAMATAN TANJUNG BREBES JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRANIKAH UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE CALON PENGANTIN DI KUA KECAMATAN TANJUNG BREBES JAWA TENGAH)
17102020072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRANIKAH UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE CALON PENGANTIN DI KUA KECAMATAN TANJUNG BREBES JAWA TENGAH)
17102020072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Demi tercapainya keluarga yang sakinah mawaddah dan warrahmah, Kantor Urusan Agama (KUA) memberikan layanan bimbingan pranikah untuk para calon pengantin. Dalam bimbingan pranikah calon pengantin diberikan bekal atau nasehat tentang bagaimana membina rumah tangga yang sakinah mawaddah dan warrahmah. Dalam pernikahan dibutuhkan self confidence dan kesiapan diri calon pengantin, agar dalam menajalani kehidupan pernikahannya mereka siap menghadapi setiap permasalahan yang terjadi dan dengan self confidence yang tinggi mereka diharapkan mampu untuk berfikir secara rasional dalam menghadapi segala problematika yang ada. Penelitian ini dilakukan di KUA Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan metode bimbingan pranikah untuk meningkatkan Self confidence calon pengantin di KUA Kecamatan Tanjung Brebes Jawa Tengah. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah calon pengantin dan penyuluh non PNS. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua metode bimbingan pranikah untuk meningkatkan self confidence calon pengantin di KUA Kecamatan Tanjung Brebes yaitu metode ceramah dan metode diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pranikah, Self Confidence, Calon Pengantin
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Bimbingan Perkawinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 15:18
Last Modified: 10 Jan 2022 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum