RESILIENSI KELUARGA PENERIMA MANFAAT BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA TAHUN 2020 PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PEDUKUHAN MRISI

Anjar Aryani, NIM. 17107020003 (2021) RESILIENSI KELUARGA PENERIMA MANFAAT BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA TAHUN 2020 PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PEDUKUHAN MRISI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESILIENSI KELUARGA PENERIMA MANFAAT BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA TAHUN 2020 PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PEDUKUHAN MRISI)
17107020003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RESILIENSI KELUARGA PENERIMA MANFAAT BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA TAHUN 2020 PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PEDUKUHAN MRISI)
17107020003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengungkap adanya Covid-19 memberikan dampak yang sangat mempengaruhi segala aspek kegiatan masyarakat yang menyebabkan penurunan produktivitas yang berimbas pada penurunan penghasilan, bertambahnya jumlah masyarakat miskin, serta penurunan pendapatan perkapita. Pemerintah mengeluarkan Program Perlindungan Sosial dengan kebijakan BLT (bantuan Langsung Tunai). Tujuan pemberian BLT-Dana Desa adalah membantu masyarakat terdampak Covid-19, rentan secara ekonomi dan sosial untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari agar tetap resilien. Resiliensi merupakan suatu konsep yang menunjukkan kemampuan seseorang untuk mengatasi dan beradaptasi terhadap masa-masa sulit yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini alah observasi danwawancara. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara dengan narasumber Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Data dianalisis menggunakan proses reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir penarikan keismpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fungsionalisme Struktiral Talcott Parsons. Hasil dari penelitian ini adalah Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahun 2020 yang ditujukan kepada masyarakat miskin baru dan rentan akubat adanya Pandemi Covid-19 untuk menunjang daya beli dan kelangsungan hidup masyarakat. Beberaa responden mengungkapkan bahwa adanya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa mampu menolong pemenuhan kebutuhan dasar rumah tangga. Bantuan Lngsung Tunai Dana Desa juga menunjang upaya resiliensi mayarakat pada perbaikan taraf hidup pada pelaku usaha rumahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Napsiah, S. Sos., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Covid-19, BLT-Dana Desa, Resiliensi, Keluarga
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Jan 2022 08:03
Last Modified: 11 Jan 2022 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48262

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum