PEMANFAATAN BANTUAN DANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI PASAR HILIR, PANYABUNGAN, MANDAILING NATAL, SUMATERA UTARA

Ilyah Izzah Nasution, NIM.: 17102030025 (2021) PEMANFAATAN BANTUAN DANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI PASAR HILIR, PANYABUNGAN, MANDAILING NATAL, SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN BANTUAN DANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI PASAR HILIR, PANYABUNGAN, MANDAILING NATAL, SUMATERA UTARA)
17102030025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN BANTUAN DANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI PASAR HILIR, PANYABUNGAN, MANDAILING NATAL, SUMATERA UTARA)
17102030025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan yang terjadi di Indonesia menjadi salah satu keresahan terbesar bagi masyarakat. Karena, kemiskinan akan menjadi sebab terhambatnya kesejahteraan pendidikan dan kesehatan yang seharusnya menjadi hak setiap masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, PKH hadir bertujuan untuk memberikan kesejahteraan terhadap masyarakat miskin. Agar tetap dalam keadaan sehat dan bersekolah. Namun, kesejahteraan penerima manfaat PKH tergantung dengan pemanfaatan dana bantuan yang mereka lakukan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan serta dampak pemanfaatan dana bantuan PKH yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik kriteria. Informan dalam penelitian ini adalah ketua kelompok PKH Pasar Hilir, penerima manfaat PKH Pasar Hilir, serta masyarakat Pasar Hilir yang bukan penerima manfaat PKH. Validitas data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tidak sampai setengah dari ke-59 penerima manfaat PKH yang memanfaatkan dana bantuan sesuai dengan anjuran pemerintah. Artinya, penerima manfaat masih di dominasi kesalahan dalam pemanfaatan dana. Penyalahgunaan pemanfaatan dana PKH juga berdampak pada kecemburuan sosial masyarakat Pasar Hilir yang bukan bagian dari penerima manfaat. Menurut hasil penelitian yang dilakukan, ternyata masih terdapat beberapa keluarga yang lebih layak menerima manfaat dana bantuan dan masih terabaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Beti Nur Hayati, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, PKH Pasar Hilir, Pemanfaatan Dana Dan Dampak
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 09:01
Last Modified: 11 Jan 2022 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48268

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum