INOVASI PROGRAM TA’MIR MASJID AL-HASYIM DALAM MENGANTISIPASI DAMPAK EKONOMI MASYARAKAT SUBONTORO DI ERA COVID 19

Mohamad Rendy Amami, NIM.:17102030026 (2021) INOVASI PROGRAM TA’MIR MASJID AL-HASYIM DALAM MENGANTISIPASI DAMPAK EKONOMI MASYARAKAT SUBONTORO DI ERA COVID 19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INOVASI PROGRAM TA’MIR MASJID AL-HASYIM DALAM MENGANTISIPASI DAMPAK EKONOMI MASYARAKAT SUBONTORO DI ERA COVID 19)
17102030026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INOVASI PROGRAM TA’MIR MASJID AL-HASYIM DALAM MENGANTISIPASI DAMPAK EKONOMI MASYARAKAT SUBONTORO DI ERA COVID 19)
17102030026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 menyebabkan kelumpuhan ekonomi diseluruh dunia termasuk Indonesia. Kelumpuhan ekonomi ini berdampak terhadap seluruh lapisan social yang ada di masyarakat. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk meminimalisir penyebaran covid-19. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan memberlakukan lockdown di setiap daerah. Kebijakan tersebut memang dinilai cukup berhasil untuk meminimalisir penyebaran Covid 19. Salah satu bentuk dukungan yang muncul oleh lembaga non pemerintah adalah seperti yang dilakukan oleh Ta’mir Masjid Al-Hasyim yang berada di Dusun Subontoro, kecamatan Ponggok, Kabupaten, Blitar. Ta’mir Masjid Al-Hasyim melakukan berbagai upaya dan inovasi program untuk mengantisipasi dampak ekonomi yang terjadi dari adanya covid-19 terhadap masyarakat Subontoro. Penelitian ini menggunakan teori inovasi program, serta penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Adapun subyek dari penelitian ini adalah Ta’mir Masjid Al – Hasyim dan juga masyarakat Dusun Subontoro. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana dampak covid – 19 terhadap perekonomian masyarakat Subontoro, bagaimana Ta’mir masjid Al – Hasyim mengantisipasi dampak ekonomi tersebut, dan juga bagimana hasil dari inovasi program Ta’mir dalam mengantisipasi dampak ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat Subontoro. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Adapun untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu data yang sudah diperoleh kemudian disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah di atas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ta’mir Masjid Al – Hasyim memiliki beberapa program yang bertujuan untuk mengantisipasi adanya penurunan ekonomi masyarakat Dusun Subontoro. Program tersebut diantaranya adalah : memberikan pinjaman ke pedagang yang membutuhkan modal usaha, memberikan biaya pendidikan atau SPP, pemberian santunan kepada anak yatim piatu dan para janda, pelayanan sembako untuk masyarakat dusun Subontoro, dan pemberian bantuan biaya untuk orang sakit. Dengan pengorganisasian dan komunikasi yang cukup baik antar anggota Ta’mir, membuat inovasi program yang ada dapat berjalan dengan baik, dan sesuai dengan yang telah direncanakan. Sehingga hal tersebut memberikan hasil yang positif terhadap masyarakat Dusun Subontoro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Moh. Abu Suhud, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Ta’mir Masjid Al-Hasyim, Inovasi Program, Perekonomian Masyarakat
Subjects: Covid-19
Ekonomi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 09:04
Last Modified: 11 Jan 2022 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48269

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum