PEMBERDAYAAN ANAK BERESIKO PINGGIR KALI CODE OLEH YAYASAN RUMAH IMPIAN MELALUI PROGRAM NGIMPEN CLASS DI DUKUH KARANGANYAR, BRONTOKUSUMAN, YOGYAKARTA

Gandes Mariyasih, NIM.: 17102030031 (2021) PEMBERDAYAAN ANAK BERESIKO PINGGIR KALI CODE OLEH YAYASAN RUMAH IMPIAN MELALUI PROGRAM NGIMPEN CLASS DI DUKUH KARANGANYAR, BRONTOKUSUMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN ANAK BERESIKO PINGGIR KALI CODE OLEH YAYASAN RUMAH IMPIAN MELALUI PROGRAM NGIMPEN CLASS DI DUKUH KARANGANYAR, BRONTOKUSUMAN, YOGYAKARTA)
17102030031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN ANAK BERESIKO PINGGIR KALI CODE OLEH YAYASAN RUMAH IMPIAN MELALUI PROGRAM NGIMPEN CLASS DI DUKUH KARANGANYAR, BRONTOKUSUMAN, YOGYAKARTA)
17102030031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena keterbatasan pendidikan mengakibatkan tingkat pengetahuan atau sumber daya manusia di Indonesia semakin rendah dan dapat mempengaruhi masa depan mereka, hal tersebut sebuah permaalahan yang harus ditangani. Penelitian ini akan menjelaskan mengenai strategi program ngimpen class dalam upaya pemberdayaan anak pinggir kali code yang dilakukan Yayasan Rumah Impian di Dukuh Karanganyar, Brontokusuman, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi program ngimpen class dalam upaya pemberdayaan anak pinggir kali code yang dilakukan Yayasan Rumah Impian di Dukuh Karanganyar, Brontokusuman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori strategi program ngimpen class dan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Adapun subyek dari penelitian ini adalah Ketua Yayasan Rumah Impian, Relawan sosial yang mendampingi anak yang dibina, Ketua Rt, dan Anak Binaan. Rumusan masalah yang diteliti adalah Bagaiamana strategi program ngimpen class dalam upaya pemberdayaan anak beresiko pinggir kali code dan apa kendala dalam implementasi program ngimpen class sebagai upaya pemberdayaan anak beresiko. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data menggunakan deskripstif kualitatif, yaitu data yang diperoleh kemudian disusun dan diklasifikasikan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan, pertama menunjukkan bahwa Program Ngimpen Class yang berbasis Fun Learning ini mampu menjadi salah satu media bagi Yayasan Rumah Impian untuk mewujudkaan visi dan misinya yakni mengurangi angka anak putus sekolah dan turun ke jalan. Kedua, dengan menggunakan metode belajar yang menyenangkan anak binaan dapat menjadi lebih semangat belajar dan meraih mimpinya. Ketiga, Waktu luang anak-anak kemudian digunakan untuk hal-hal yang positif seperti belajar dan bermain bersama. Dalam menjalankan kegiatan Ngimpen Class ini, Yayasan Rumah Impian juga mengalami beberapa kendala yang berpengaruh pada pelaksanaan kegiatan Ngimpen Class. Namun seiring berjalannya waktu kendala-kendala tersebut dapat diatasi dan menjadikan pendamping dari Yayasan Rumah Impian untuk jadi lebih kreatif dalam melaksanakan program Ngimpen Class.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos. I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Fun Learning, Ngimpen Class
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 09:07
Last Modified: 11 Jan 2022 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48270

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum