MANAJEMEN PELAYANAN PENDAFTARAN HAJI REGULER PADAMASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020

Savira Offana, NIM.: 17102040030 (2021) MANAJEMEN PELAYANAN PENDAFTARAN HAJI REGULER PADAMASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN PENDAFTARAN HAJI REGULER PADAMASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020)
17102040030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN PENDAFTARAN HAJI REGULER PADAMASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020)
17102040030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan munculnya Virus Corona yang mulai masuk ke Indonesia pada bulan maret 2020. Hal tersebut membuat Indonesia membuat kebijakan dengan tujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 seperti harus diterapkannya work from home (WFH). Dengan secara fundamental mengubah pengaturan sistem kerja sebagaimana mengutip dari surat edaran keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Corona Virus di Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan bahwa keterwakilan pegawai yang bertugas pada instansi Perangkat Daerah/unit kerja diatur dengan komposisi sekurang-kurangnya 50% (lima puluh persen) bekerja di kantor dan sebanyak-banyaknya 50% bekerja di rumah. Diakibatkan oleh pandemi Covid-19. Pemerintah harus mengarahkan semua kalangan untuk beradaptasi dengan kebiasaan/ tata cara yang baru di masa pandemi Covid- 19,sehingga membuat pendaftaran haji menjadi terganggu, tidak sebagaimana pada waktu sebelum ada pandemi Covid-19. Berdasarkan dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah manajemen pelayanan pendaftaran haji reguler pada masa pandemi Covid-19 di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Tahun 2020”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran jelas mengenai manajemen pelayanan pendaftaran haji reguler pada masa pandemi Covid- 19 di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara , dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan metode desktiptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemenag Kota Yogyakarta dalam memberikan pelayanan pendaftaran haji reguler pada masa pandemi covid-19 tahun 2020 sudah baik, adanya fungsi-fungsi manajemen meliputi Perencanaan yang diterapkan melalui yakni semua pegawai diawal tahun harus membuat SKP (Sasaran Kinerja Pegawai), yang dijadikan landasan yang harus dikerjakan satu tahun kedepan, Pengorganisasian yang diterapkan yaitu pembagian tugas sesuai tugas pokok dan fungsinya serta bekerja sama antar team, Pelaksanaan pelayanan senantiasa menerapkan protokol kesehatan, Pengawasan secara langsung dipantau oleh KepalaSeksi PHU Kementerian Agama Kota Yogyakarta sehingga terlihat seberapa besar keseriusan pegawai bekerja dan melayani para jemaah haji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan Pendaftaran Haji Reguler, pandemi Covid-19.
Subjects: Covid-19
Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 09:53
Last Modified: 11 Jan 2022 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48282

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum