MANAJEMEN PENGAWASAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PANTI ASUHAN YATIM DAN DHUAFA MAFAZA UMBULHARJO, WARUNGBOTO, KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020-2021

Anisa Yuliana, NIM.: 17102040068 (2021) MANAJEMEN PENGAWASAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PANTI ASUHAN YATIM DAN DHUAFA MAFAZA UMBULHARJO, WARUNGBOTO, KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020-2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGAWASAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PANTI ASUHAN YATIM DAN DHUAFA MAFAZA UMBULHARJO, WARUNGBOTO, KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020-2021)
17102040068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGAWASAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PANTI ASUHAN YATIM DAN DHUAFA MAFAZA UMBULHARJO, WARUNGBOTO, KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020-2021)
17102040068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pengawasan terhadap sumber daya manusia dalam sebuah organisasi nonprofit yaitu yang tidak berorientasi pada keuntungan berupa materi. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana sebuah organisasi nonprofit melaksanakan pengawasan kepada sumber daya manusia pada organisasi tersebut. Adanya pengawasan yang baik maka akan membentuk kepribadian pada santri yang baik sesuai tujuan organisasi. Santri merupakan generasi muda yang sangat penting untuk dijaga pertumbuhannya sehingga tidak menyeleweng dari agama dan negara. Maka dari itu, dibutuhkan proses pengawasan yang baik untuk mendapatkan hasil yang baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana manajemen pengawasan sumber daya manusia di Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mafaza pada tahun 2020. Menggunakan teori pengawasan menurut T. Hani Handoko yang menjelaskan tentang proses pengawasan terdiri dari penetapan standar pelaksanaan, penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan, pengukuran pelaksanan kegiatan, analisis perbandingan antara pelaksanaan kegiatan dengan standar perencanaan, dan pengambilan tindakan koreksi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman yaitu Interactive Model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengawasan sumber daya manusia di Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mafaza pada tahun 2020-2021 sudah berjalan dengan baik melalui proses pengawasan yaitu diawali dengan penetapan standar pelaksanaan atau perencanaan, penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan, pengukuran pelaksanaan kegiatan, analisis perbandingan antara pelaksanaan kegiatan dengan standar perencanaan, dan pengambilan tindakan koreksi. Proses pengawasan sesuai dengan teori yang digunakan peneliti serta tidak banyak penyimpangan yang terjadi. Sehingga dapat dinilai bahwa pengawasan terhadap santri di Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mafaza berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: NIM.: 17102040068
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengawasan, Sumber Daya Manusia
Subjects: Manajemen > Manajemen Perusahaan
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 10:02
Last Modified: 11 Jan 2022 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48285

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum