KONTRIBUSI WISATA PEMANDIAN AIR HANGAT BRUMBUNG TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT STUDI KASUS DI DUSUN TEPANAS DESA KRANJI KECAMATAN PACIRAN KAPUBATEN LAMONGAN

Robi'atur Rohmawati, NIM.: 17102050011 (2021) KONTRIBUSI WISATA PEMANDIAN AIR HANGAT BRUMBUNG TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT STUDI KASUS DI DUSUN TEPANAS DESA KRANJI KECAMATAN PACIRAN KAPUBATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI WISATA PEMANDIAN AIR HANGAT BRUMBUNG TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT STUDI KASUS DI DUSUN TEPANAS DESA KRANJI KECAMATAN PACIRAN KAPUBATEN LAMONGAN)
17102050011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI WISATA PEMANDIAN AIR HANGAT BRUMBUNG TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT STUDI KASUS DI DUSUN TEPANAS DESA KRANJI KECAMATAN PACIRAN KAPUBATEN LAMONGAN)
17102050011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Destinasi wisata memberikan harapan baru sekaligus peluang bagi masyarakat atau warga yang hidup di sekitarnya. Sebagai bentuk dari perwujudan kemajuan dalam perekonomian maka sepantasnya dilakukan pembangunan destinasi wisata. Selain memberikan angin segar dalam ekonomi bagi masyarakat yang berada di sekelilingnya juga memperkenalkan daerah yang digunakan sebagai wisata. Brumbung atau Bahasa lainnya Brumbun menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup digemari oleh banyak masyarakat baik lokal maupun non-lokal. Selain karena hangatnya dari sumber air langsung juga merupakan tempat yang memiliki cerita tersendiri (legenda). Keadaan tersebut menjadikan keberkahan bagi masyarakat sekitar dalam sosial ekonomi yang dulunya hampir setiap hari mencari hutang untuk memenuhi sandang pangan sedikit demi sedikit mulai terbantu dengan hadirnya wisata Brumbun. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi kondisi sosial masyarakat sekitar wisata Brumbung serta menganalisis seberapa jauh kontribusi hadirnya wisata Brumbung dalam pertumbuhan dan peningkatan sosial ekonomi masyarakat Dusun Tepanas. Partisipan diminta untuk mendeskripsikan keadaan riil mereka dalam keseharian seperti halnya proses penghidupan selama setiap hari sebelum dan sesudah adanya wisata Brumbung, pekerjaan yang dilakukan setelah hadirnya wisata Brumbung dan poin-poin yang berkaitan dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat Dusun Tepanas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatit bersifat deskriptif-eksploratif yang bertujuan guna mendapatkan data yang komprehensif dan rigid. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari 1 kepala pengelola objek wisata, 3 masyarakat yang mempunyai usaha berupa warung, 2 petugas parkir, dan 2 petugas kebersihan. Data primer diperoleh dari hasil wawancara sedangkan data sekunder didapatkan dari hasil observasi dan dokumentasi di lokasi penelitian yaitu di Objek Wisata Pemandian Air Hangat Brumbun Dusun Tepanas Desa Kranji Paciran Lamongan. Berdasarkan penelitian dari fokus masalah yang peneliti kaji ditemukan kesimpulan bahwa kontribusi wisata Brumbung terhadap kesejahteraan masyarakat dusun Tepanas sangat berpengaruh dalam peningkatan kondisi sosial ekonomi masyarakat, dengan berdirinya wisata yang menciptakan banyak lapangan pekerjaan masyarakat bisa memiliki pekerjaan tanpa harus bertumpu pada masyarakat lain sehingga masyarakat tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya dan terjauh dari kata pengangguran, dengan berdirinya wisata ini menjadikan hidup lebih bersosialisme antar masyarakat dan saling toleransi sesamanya serta banyak agenda atau kegiatan yang bernuansa kekeluargaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, MA., BSW., PhD.
Uncontrolled Keywords: Wisata, Sosial Ekonomi, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Industri Pariwisata
Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2022 10:37
Last Modified: 11 Jan 2022 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48288

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum